AboutMe


Blog ini milik pribadi.
Mencoba Membahas Bagaimana..
Sulitnya Memulai Usaha…

Asmat.
asmatrch@gmail.com

Tentang Penulis.


Sebagai anak pertama dari empat bersaudara, tentu biasanya mempunyai pengalaman hidup yang lebih prihatin dibanding dari saudara-saudara yang lain. Sebagai anak pertama dalam bekerja harus lebih keras dari pada saudara yang lain. Khususnya untuk keluarga yang hidup dengan kesederhanaan. Alhamdulillah kabar baiknya, kehidupan saya sekarang ini menjadi lebih baik dari yang lainnya.

Sejak kelas 3 SD sudah harus membantu orang tua setiap hari dalam menjalankan toko kelontong. Dan itu harus saya jalani sampai lulus sekolah menengah atas. Walaupun pekerjaan rumah banyak menyita waktu senggang saya. Alhamdulillah kabar baiknya adalah prestasi saya disekolah tidak memalukan. Mendapat ranking setiap kenaikan kelas, itu sudah cukup membanggakan diri bagi saya dan orang tua saya.

Lulus Sekolah Menengah Atas, saya kuliah di Istitut Ilmu Komputer, namun baru menjalankan dua semester, harus sudah dropout untuk memberikan kesempatan adik-adik yang lain menikmati bangku perguruan tinggi.

Pilihan menggali ilmu komputer ditahun 1980an, Alhamdulillah memudahkan saya untuk mendapatkan pekerjaan. Tahun 1980-1983 bekerja pada Perusahaan Asuransi Tenaga Kerja, dimulai sebagai tenaga operator komputer dan akhirnya harus bisa menangani semua siklus operasi komputer. Merancang sistem, memasukan data, dan mengoperasikan komputer IBM Mainframe. Kurangnya penghargaan kepada pegawai tenaga komputer yang bekerja siang dan malam, ditambah dengan baru mempunyai anak dan istri, menyebabkan saya harus mencari pekerjaan baru.

Tahun 1983 saya bekerja pada salah satu bank swasta yang baru berkembang. Membangun suatu sistem perbankan yang canggih namun tidak dibarengi dengan standar kualiti, menyebabkan seringnya perusahaan berganti sistim.

Keuntungannya Alhamdulillah adalah secara tekhnis banyak pengalaman yang bisa didapat, namun secara keterampilan membuat saya seperti orang ketinggalan jaman. Setiap berganti sistim, pekerjaan yang sama harus diulangi kembali. Suatu hari akhirnya kantor ditutup pada tahun 2000.

Jabatan terakhir saya adalah sebagai Data Center Manager, yang melayani semua bagian dikantor pusat, mulai dari lantai satu sampai lantai 20. Mulai cabang disekitar kantor pusat sampai seluruh cabang di Indonesia. Kantor kami ditutup bukan masalah ekonomi, tapi perkembangan politik yang terjadi.

Tino, Asmat, Jimmy, Affand.

Rekan-Rekan T.I. Bank Duta.

Berhenti dari pekerjaan dengan usia mendekati empat puluh dua tahunan, kemudian tidak didukung dengan keahlian dan keterampilan usaha, membuat saya harus meraba-raba dalam membangun usaha. Wajar kalau beberapa kali mengalami kebangkrutan usaha. Membangun usaha tidak hanya cukup modal uang dan kerja keras. Kesiapan mental dan keterampilan mengelola usaha, benar-benar amat dibutuhkan dalam membangun usaha.

Rasa bosan, bingung, melelahkan dan malas menghadapi tantangan cukup mengganggu kelancaran usaha. Ditambah lingkungan yang tidak mendukung seperti masalah dengan kurang memegang kepercayaan, kepribadian yang buruk serta persaingan usaha yang tidak sehat. Alhamdulillah itu semua menambah wawasan dalam berbisnis.

Itulah harga kehidupan yang harus saya bayar. Dengan harapan agar saya, anak dan istri bisa hidup berkecukupan baik lahir maupun batin.
Tuhan itu maha pengasih dan penyayang terhadap hambanya yang selalu memohon dan meminta kepadanya.

Saya bukanlah orang yang berkompeten dalam bidang usaha. Saya hanya ingin bekerja keras dan belajar terus.

Tanpa didukung kemampuan dan pengalaman menulis yang baik.
Dengan menulis blog ini saya mencoba :

“Berbagi Kebaikan Dengan Kesulitan.”

Saya tidak mengharap apapun dari Anda yang membaca blog ini, yang saya harapkan hanyalah Anda harus bisa lebih cepat berhasil dari Saya.
Mohon Maaf jika tulisan-tulisan saya berdampak tidak positif buat Anda. Terima kasih.

Technology Football Club : (11)Leon; (13)Dalian; (17)Cornu; (9)Hartadi; (16)Wahyu; (6)Asmat; (8)Bambang; (7)arief; (11)Didot; (12)Tino; (5)Adin; (15)Wawan; (10)Jimmy; (1)Leonarzan; (10)Yudhi; (..)Basuki; (.. )Surung; (10)Otis.

Iklan

12 responses to “AboutMe

  1. mkaish mas tulisanya, sangat bermanfaat sekali ,..
    semoga saya bisa mempraktekan ilmu ilmu yng ada di sini ..
    mkasih sebleumnya
    salam kenal
    sutopo blogger jogja

  2. selamat sore pak,… mau curhat dan minta saran. saya ingin maju dan mengembangkan usaha yang sudah ada tapi dilakukan oleh orang lain, nah saya ingin membantu pengembangannya, tapi saya selalu dihambat dengan berbagai alasan yang pada intinya seakan boleh maju tapi tidak boleh dengan enak dan gampang serta tidak boleh melebihi pendahulu saya. ini yang terjadi. semua tim saya berpikiran serupa, jadi cabanf saya sebenarnya bisa lebih maju tapi banyak hambatan serta dipersulit. mohon dibantu beri advise, semoga sukses selalu.

    • Maaf sepertinya begitulah jika kita bekerja/berbisnis yg tergantung orang lain. Berbisnis dalam arti berwiraswasta sebenarnya adalah Anda yang jadi bos dan anda juga yang jadi pegawai (mungkin plus juga ada pegawai lain), tidak tergantung pemilik usaha ataupun pemilik modal. Status Anda saat ini sebenarnya masih pegawai.

      Saran saya, selama Anda belum bisa mandiri (berbisnis sendiri) lakukanlah pekerjaan saat ini semampu Anda dlm menjalankan bisnis tsb, namun tetap ikut aturan yang berlaku (aturan pemilik usaha). Gunakan kesempatan yg ada untuk mempertajam pengalaman berbisnis Anda dan memperluas hubungan denga relasi. Semua itu ada manfaatnya kelak dikemudian hari jika Anda berbisnis sendiri.

      Suatu saat jika Anda yakin untuk mandiri kenapa tidak untuk membuka usaha sendiri alias usaha mandiri alias berwiraswasta.

      Ok siiip salam sukses..

  3. Faktor pendidikan itu memang penting, namun bukan hambatan, yang lebih penting lagi adalah jika kita mau lebih giat belajar terus. “Seorang profesor tdk akan dikenal jika ia berhenti belajar”, Salam sukses selalu dalam menggapai cita-cita.

  4. Saya sangat senang dan berterimakasih untuk ilmunya, karena faktor pendidikan yang kurang menjadikan saya harus belajar lebih giat lagi demi masa depan yang lebih baik, juga karena ingin mendapat nilai plus dari training yang sedang saya ikuti, dan artikel” bapak ini sangat membantu dan memotifasi saya, terimakasih banyak,,,, semoga Allah selalu merahmati bapak beserta keluarga, aamiin,,,

    • Makasih Mas Soeharr…. Salah satu alasan saya tidak melamar bekerja lagi … Inggrisku amburadul… malu kalau ada tmu bule.. Anda punya kelebihan itu… Maksimalkan.. Anakku yg pertama untung bisa bhs inggris.. karirrnya bsa melejit lebih cepat lagi… dan bisa kliling dunia.. soalnya banyak pilihan kalau bisa inggris..
      Trimm blogku yang sebenarnya http://www.sulitnih.com .. Silahkan kunjumgi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s