Beberapa Cara Agar Produk Baru Anda Mampu Bersaing.


20141124-074423.jpg

Bersaing artinya adalah bila bisnis/produk Anda sama atau mirip dengan bisnis/produk milik orang lain. Bagi seorang yang baru di PHK dan baru pertama kali berbisnis, bersaing tentu merupakan tantangan yang amat berat. Selain harus menjalankan cara-cara berbisnis yang sehat kita juga harus memiliki strategi pemasaran yang handal dan harus mampu bersaing dalam memposisikan bisnis/produk dipasar yang baru kita masuki.

Merebut posisi atau bersaing dipasaran untuk produk baru sebetulnya adalah pekerjaan sulit, baik itu bagi perusahaan besar maupun bagi bisnis kecil. Walaupun gagasan sudah baik sekali, namun karena kita belum berpengalaman ada kalanya rasa pesimis itu muncul atau malah mungkin Anda terlalu amat optimis dalam mengukur pasar.

Sebetulnya ada banyak cara agar produk Anda menjadi mudah bersaing dan mudah dijual bagi team pemasaran bisnis Anda, untuk itu perhatikan hal-hal ini seperti yang pernah saya pelajari :

  • Pertama-tama Anda harus tahu persis siapa pesaing-pesaing Anda. Dengan begitu kondisi mutu, kwalitas, harga produk serta cara-cara pelayanannya bisa Anda sesuaikan dengan target pasar, itu agar produk baru Anda mampu bersaing.
  • Sebelum dilempar kepasar, jangan over produksi. Pastikan bahwa produk Anda benar-benar sudah melewati masa percobaan produksi yang ketat. Sehingga modal dan kwalitas produk sesuai dengan perencanaan pemasaran.
  • Apabila produk baru yang dibuat adalah produk tiruan, perhatikan terhadap biaya lisensi untuk menghindari tuntutan hukum.
  • Jika produk baru merupakan produk inovatif, dapatkan segera hak paten dan seberapa besar biayanya. Dengan begitu produk baru Anda tidak mudah ditiru oleh pesaing. Jangan lupa menghitung biaya tambahan untuk program mendidik konsumen potensial tentang penggunaan produk inovatif (produk belum dikenal).
  • Jika produk diproduksi secara massal, seharusnya biaya produksi dan distribusi dapat bisa ditekan lebih rendah lagi. Dengan demikian harga bisa lebih murah lagi dan pertumbuhan pasar bisa lebih besar.
  • Jika produk diproduksi secara terbatas, usahakan biaya produksi dan transfortasi tidak terlalu tinggi, sehingga pesaing sulit untuk memproduksi barang sejenis dengan harga lebih murah, karena memang harga Anda sudah Anda tekan sedemikian rupa untuk cukup rendah.
  • Harus memperhatikan daya tarik masyarakat secara ekonomi dan manfaat terhadap produk baru tersebut. Sehingga Anda dapat “meraup” keuntungan yang sebesar-besarnya pada setiap lapis pasar.
  • Untuk merebut posisi di pasaran, pembeli juga mengharapkan adanya pelayanan yang baik pada saat pembelian maupun adanya jaminan after sales yang baik, itu semua harus dikemas pada saat penjualan.
  • Pemilihan waktu untuk memasuki pasar merupakan salah satu alasan utama penyebab keberhasilan atau kegagalan produk baru. Perhatikan perubahan lingkungan internal bisnis Anda dan lingkungan pemasaran Anda. Tentukan kapan waktu yang tepat bisnis Anda untuk mulai siap bersaing.

Jika hal-hal diatas kurang begiu Anda perhatikan baik saat sebelum maupun sesudah memproduksi barang. Maka dari pengalaman berwiraswasta, keunggulan harga dan mutu produk Anda mungkin hanya bersifat sementara. Dan itu berarti keuntungan Anda dari produk baru belum begitu memadai.

Atau malah dari awal pengalaman saya berisnis, kemungkinan kebangkrutan bisnis bisa saja terjadi karena biaya operasi bisnis dan biaya produksi menjadi lebih tinggi melampaui rencana sehingga menjadikan produk tidak mampu lagi bersaing dan bisnis berjalan dengan tidak sehat lagi.

Iklan

2 responses to “Beberapa Cara Agar Produk Baru Anda Mampu Bersaing.

  1. BAGAIMANA CARA MENGAHADAPI BISNIS JIKA PRODUKSI KITA DI TIRU DENGAN ORANG KEPERCAYAAN KITA MOHON BANTUANNYA AGAR MASALAH INI BISA TERSELESAIKAN

    • Hai Biepaulin..

      1. Sebetulnya kejadian ini adalah hal yang umum, artinya siapa saja bisa melakukannya (bukan teman dekat Anda saja). Jadi saya harap Anda jangan terlalu kecewa.

      2. Perkembangan bisnis dan produk dipasaran tidaklah statis. Begitu juga dgn bisnis dan produk2 Anda. Mungkin kreativitas2 dan inovasi2 Anda yg unik inilah yg tidak dapat ditiru terus2an oleh teman atau pesaing2 Anda.

      3. Bisa saja produk Anda untuk segera didapatkan hak patennnya jika itu amat2 diperlukan.

      4. Gunakan prinsip rendah biaya hasil maksimal dalam produksi, sehingga kompetitor Anda tdk mudah meniru begitu saja produksi Anda, karena pasti hasil produk tiruan mereka akan bisa lebih mahal.

      Jadi saran saya agar bisnis Anda tdk mudah ditiru yaa… Anda harus selalu melakukan perubahan2 yang penuh keunikan dan maksimal…

      ..Sehingga produk dan bisnis Anda akan selalu yang pertama, harga bersaing dan berada yang didepan..!!!

      Ok ya salam sukses..
      H. Asmat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s