Kursus Mekanik Motor Berbeda Dengan Berbisnis Bengkel Motor


20140521-062050.jpg

Bagaimana Memulai Bisnis Sendiri ?

Saya sering mendapat pertanyaan dari teman, Pak bagaimana ya cara saya memulai bisnis, saya ngga tau berbisnis nih ? Terus terang saya agak sulit menjawabnya secara langsung dan singkat. Loh kenapa ? Sebab orang itu sebenarnya habis membaca berbagai artikel tentang bagaimana memulai bisnis, tapi kok pertanyaannya masih global aja ya, ngga spesipik banget.

Nah Ini Ada Pertanyaan Yang Agak Spesipik.

Pak sekarang saya sedang kursus di salah satu BLK jurusan otomotif di Blitar. Setelah selesai nanti saya ingin sekali membuka usaha bengkel sendiri di Merauke. Kira-kira langkah-langkah apa saja yg harus saya ambil sebelum saya terjun untuk membuka usaha, sehingga usaha saya tidak macet dan bangkrut. Tolong dijawab Pak.

Belajar Mekanik dan Berbisnis Itu Berbeda.

Untuk menjadi mekanik yang handal, diperlukan pengalaman yang memakan waktu tidak sedikit, itu bisa membutuhkan waktu antara 1 sampai 3 tahunan. Begitu juga jika kita ingin membangun bisnis sendiri, banyak hal yang dibutuhkan, selain keterampilan dan keahlian juga diperlukan pengalaman dilapangan. Dalam menjalankan bisnis sendiri, banyak kemampuan yang dibutuhkan namun tidak semua kemampuan bisa Anda dapatkan dalam kelas-kelas keterampilan dan managemen. Kemampuan khusus itu hanya didapat di lapangan.

Mereka dalam berbisnis harus sesuai dengan tuntutan usaha, mempersiapkan kemampuan dan keahlian khusus yang sangat dibutuhkan oleh usaha tersebut.

Asahlah Keterampilan Teknik Dan Naluri Bisnis Anda Dahulu.

Sebaiknya asah dahulu kemampuan teknik dan naluri berbisnis anda dengan bekerja dibeberapa bengkel. Dengan demikian kita mempunyai kemampuan melihat dan menganalisa bagaimana bengkel yang disebut baik dan bagaimana bengkel yang buruk.

  1. Bandingkan dan pelajari secara seksama, apa perbedaannya antara kursus otomotif dan kenyataan dilapangan. Sehingga kemampuan analisa Anda menjadi lebih baik dan cepat.
  2. Apa saja keluhan dari sisi mekanik dan non mekanik dari pelanggan Anda, baik yang sering dan jarang. Sehingga Anda menjadi orang yang tanggap dan sigap dimata pelanggan.
  3. Bagaimana managemen sparepart yang baik, dengan begitu kita tahu sparepart apa saja yg selalu distok dan tidak perlu stok. Sehingga modal Anda tidak tersedot.
  4. Merk dan kwalitas sparepart sangat berpengaruh dalam menentukan image bisnis Anda. Sehinga kita harus tahu merk dan kwalitas yg mana dan bagaimana yang dapat menguntungkan atau merugikan pelanggan dan bisnis kita.
  5. Dalam bekerja kita harus tahu bagaimana hubungan yg baik antara mekanik dan pelanggan sehingga kita bisa memberi pelayanan yg terbaik.
  6. Begitu juga mempelajari bagaimana hubungan baik dan buruknya antara mekanik dan pemilik bisnis sehingga anda tau bagaimana cara menangani prosedur kerja yg baik dan mampu menghindari dan melerai konplik antar pegawai yg timbul,
  7. Kita harus mendapatkan pengalaman bagaimana cara menetapkan harga yang bersaing sesuai pasar, lingkungan yang berubah-rubah, karena ini tidak ada dalam kursus.
  8. Dengan anda bekerja dibeberapa bengkel, Anda akan tahu dengan pasti bagaimana sistim cara menggaji mekanik agar betah bekerja pada bengkel Anda.
  9. Pengalaman membuat cashflow dan pembukuan keuangan yg benar dan mudah, sehingga Anda dapat mengatur dan mengontrol keuangan Anda dan perkembangan bisnis.
  10. Dan tentunya masih banyak lagi hal-hal lainnya, baik yang berhubungan langsung dengan mekanik, pelanggan, dan urusan bisnis yang akan Anda temukan jika anda bekerja dilapangan secara langsung, bukan dari teori saja.

Besar atau kecilnya kwalitas pengalaman Anda bekerja dibengkel inilah yg akan menentukan, apakah Anda mampu membuat bisnis Anda cepat berkembang atau malah akan segera bangkrut.

Ingat dalam berbisnis itu jika Kita mencoba-coba karena tidak tahu itu namanya membuang-buang modal, waktu, kesempatan dan peluang bisnis. Mencoba-coba dengan didukung pengalaman dan pengetahuan itu namanya kreatif dan inovatif untuk siap bersaing.

Iklan

16 responses to “Kursus Mekanik Motor Berbeda Dengan Berbisnis Bengkel Motor

  1. pak saya mau minta pendapat dari bapak ,,

    begini pak saya kan sekolah mekanik motor nih ,, trus saya bingung nih pak besok kalo udah lulus mau berkerja di bengkel atau buka usaha sendiri ,,
    mohon pendapat anda pak ,,

    • Hai Jhujuniie

      Langkah Anda sdh benar.. Untuk menambah ketrampilan dan pengalsman, sebaiknya Anda bekerja dahulu dibeberapa bengkel. Dengan begitu Anda akan tahu bagaimana yg dinamakan bengkel yg baik dan yg buruk..

      Belajar Mekanik dan Berbisnis Itu Berbeda.

      Untuk menjadi mekanik yang handal, diperlukan pengalaman yang memakan waktu tidak sedikit, itu bisa membutuhkan waktu antara 1 sampai 3 tahunan. Begitu juga jika kita ingin membangun bisnis sendiri, banyak hal yang dibutuhkan, selain keterampilan dan keahlian juga diperlukan pengalaman dilapangan. Dalam menjalankan bisnis sendiri, banyak kemampuan yang dibutuhkan namun tidak semua kemampuan bisa Anda dapatkan dalam kelas-kelas keterampilan dan managemen. Kemampuan khusus itu hanya didapat di lapangan.

  2. tragisnya saya……saya pernah kursus bengkel motor,pengalaman 8 bulan, orang banyak bilang saya bisa, bahkan waktu saya baru masuk bengkel saya bilang blm bisa bengkel dan saya mau belajar disini. bos bengkel ajari saya ….tp beberapa minggu bos akhirnya tahu klo saya pernah kursus mekanik spd motor. sejak itu bos selalu test saya tangani sendiri keluhan pelanggan, bahkan di tinggal2 sampai saya di suruh mengelola bengkel trsbt. saya berfikir ternyata ketakutan “saya bisa nggak ya” …….jawabnya saya bisa ternyata. ketika saya vakum beberapa tahun (2th) dari bengkel. saya ingin kembali ke bengkel dengan buka usaha sendiri….TAPI SAYA HILANG KEYAKINAN LAGI…”SAYA MASIH BISA NGGAK YAH,…..” sampai sekarang saya bingung, apa lagi mulai banyak bermunculan motor2 baru yang belum saya temui…..bagaimana solusinya Pak ,tolong penjelasannya?

    • Itu biasa mas… termasuk saya.
      Saya bisa karena biasa….
      Karena sdh pengalaman, tentu Anda lebih mudah beradaptasi lagi..
      Coba bantu teman atau tentangga yg motornya bermasalah.. Mungkin rasa percaya diri akan timbul.. Jika tidak, mungkin Anda hrus magang lagi dibengkel, jgn liat gaji, itu hanya sementara,tpi lebih penting ilmu yg bisa kita manfaatkan selamanya… Siiip..

      Pesan saya,
      Sepinter apapun orang, dia harus tetap belajar..

      Seorang profesor akan mati kutu jika ia berhenti belajar…

  3. CARA MUDAH MEMULAI BISNIS BENGKEL UNTUK PEMULA
    ANDA HANYA SIAPKAN TEMPAT , DANA , & SDM PENGELOLA

    ★ PELUANG BISNIS BENGKEL & TOKO SPAREPART MODERN★
    ★★ BIKERMART SOLUSINYA ★★
    INGIN BISNIS BENGKEL MODERN , PUNYA DANA , TEMPAT , BINGUNG BAGAIMANA MEMULAINYA ?

    ANDA SIAPKAN TEMPAT , DANA , & SDM PENGELOLA
    PAKET USAHA MULAI DARI 100Jt
    Video klik : http://on.fb.me/1nlg0YQ

    KAMI AKAN SIAPKAN KONSEP & SEGALA KEPERLUAN UNTUK MEMULAI USAHA & AKAN KAMI BIMBING SAMPAI BISA , BARANG BERGARANSI RETURN APABILA TIDAK LAKU ( Syarat & Ketentuan berlaku )

    NO ROYALTY !! 100% LABA & ASET MILIK ANDA

    Bikermart® adalah paket bisnis retail ( waralaba ) sparepart/suku-cadang, accessory/variasi sepeda motor & kelengkapan pengendaranya, dengan konsep toko swalayan/minimarket modern yang digabungkan dengan layanan service/bengkel umum untuk semua jenis sepeda motor di Indonesia.
    Sehingga investor / pengelola toko dapat lebih mudah dalam menjalankan usahanya sesuai system yg telah diciptakan oleh team Bikermart

    Dengan bekerjasama dgn PT.Bikermart Indonesia untuk memulai usaha dibidang Toko & Bengkel motor dapat lebih efisien,cepat berkembang & mengurangi resiko kegagalan usaha .

    Bikermart® dapat diaplikasikan oleh Anda yang BARU AKAN MEMBUKA bisnis retail sparepart & accessory/variasi sepeda motor maupun Anda yang ingin MENGEMBANGKAN TOKO/BENGKEL konvensional menjadi modern yang saat ini telah beroperasi.

    ➽➽ MENGAPA HARUS BIKERMART ?

    1. ✪ PALING BERPENGALAMAN
    √ Sudah +16 Tahun bergerak Dibidang Retail + Grosir Bengkel & Toko Sparepart
    ( Berawal dari toko Retail & Bengkel – th 1998 ) – TARUNA NUSANTARA MOTOR
    √ Sudah + 8 Tahun bergerak di Bidang Distribusi Sparepart Motor
    ( Berawal dari Kanvaser th 2003 – sekarang Area Jateng-Jabar-DIY dgn jumlah
    pelanggan +1200 outlet Aktif – TNM & INDOTREND Group
    √ Sudah + 6 Tahun (th 2008) bergerak dibidang Kemitraan Bengkel
    Sampai saat ini sudah +47 Outlet Mitra yg pernah ditangani

    2. ✪ PALING LENGKAP FASILITASNYA
    √ MiniMarket Perlengkapan Motor
    √ Bengkel Motor
    √ CuciMotor

    3. ✪ STOK BARANG PALING LENGKAP
    √ Sparepart Aftermarket
    √ Sparepart Gennuine
    √ Sparepart Racing

    Profile BIKERMART ®

    Website : http://www.bikermart-indonesia.com/
    Fanpage :http://www.facebook.com/Bikermart.Indonesia
    Youtube :http://www.youtube.com/user/MrBIKERMART
    Twitter : https://twitter.com/bikermart

    Office :
    BIKERMART Purwokerto
    Jl, Kolonel Sugiono Purwokerto no 18
    Telp : 0281-621505

    Marketing :
    Mr. Hendry : 081327099399 / 081903509008

    Simpan Informasi ini , mungkin suatu saat ada teman,saudara,relasi anda yg ingin berbisnis di bidang ini.

    ~ BISNIS BENGKEL BIKERMART AHLINYA ~

    ▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀
    BIKERMART PELOPOR BENGKEL MODERN & MASA DEPAN
    BENGKEL UMUM YG PROFESIONAL
    ▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀

  4. Pak Saya punya rencana mau usaha bengkel motor, tapi saya sama sekali tidak punya pengalaman baik sebagai mekanik maupun seorang pebisnis. Dan kebetulan ada teman yang mau bikin bengkel tapi kekurangan modal. Jadi saya diajak buat kerjasama. Dia sendiri sudah ahli sebagai mekanik dan dia juga kerja di bengkel milik pamannya sendiri. Jadi saya pikir dia sudah belajar mengenai bisnis di bidang ini.
    Nah menurut bapak bagaimana dengan rencana kerjasama tersebut untuk saya. Saya pikir saya bisa belajar banyak dari dia. Dan saya yakin dia bisa dipercaya.

    • Agar tidak kedodoran :
      Agar nanti bisnis Anda bisa lebih lancar, modal dan waktu yg ada tidak kebuang percuma, serta bisa saling bersinergi dgn teman bisnis Anda, saran saya ambil kursus kilat tentang bagaimana mengelola bisnis, kursusnya cukup di daerah Anda terdekat agar Anda teap bisa konsultasi (perlunya mentor) Itu jika memang belum pernah kursus..

      Waktunya bisa sebelum mulai atau sambil berjalan pd awal bisnis. Menurut pengalaman saya jika emang serius dan untuk jangka panjang mempunyai mentor bisnis dan berinvestasi di pendikdikan itu perlu sekali… Menyisihkan sedikit modal untuk ini tidak ada ruginya…

      Jika pengetahuan bisnis Anda terlalu jauh dgn teman bisnis, posisi anda akan selalu dibawah.. Dari pengalaman ..saya suka dibohongin juga, padahal saya percaya sekali dan mengandalkan dgn orang tersebut..

      Mks
      Contoh web yg saya dpt di google tentang management bengkel motor yg lengkap :

      http://www.usahabengkelsparepartmotor.com/

      http://www.usahabengkelsparepartmotor.com/peluang-usaha/usaha-bengkel-motor-membuka-peluang-bisnis-spare-part/

      • Makasih pak atas sarannya. Sangat membantu sekali. Saya akan mulai dari sekarang. Sekali lagi terimakasih pak!

  5. Reblogged this on Sulit nih and commented:
    Ingat dalam berbisnis itu jika Kita mencoba-coba karena tidak tahu itu namanya membuang-buang modal, waktu, kesempatan dan peluang bisnis. Mencoba-coba dengan didukung pengalaman dan pengetahuan itu namanya kreatif dan inovatif untuk siap bersaing.

  6. Sasaran jasa bengkel motor itu banyak seperti service, modifikasi, reparasi dan yang lainnya. Sasarannya bisa juga khusus untuk motor satu merk saja atau untuk beberapa merk tertentu saja.

    Jika anda belum mahir banget dalam permasalahan mekanik motor, anda bisa mempekerjakan tenaga2 mekanik motor yang berpengalaman.

    • bagamana dngan mekanik mobil pak yang pengen buka usaha sendiri.apa harus dengan modal yang besar dan hal pa yang kita lakukan untuk percya diri di usaha ini karna hanya satu jenis mobil yang slalu dikerjakan misal.a pengalaman di pertaksian,,,mohon masukannya pak

      • Salam Adiye Woles

        Kesempatan adalah suatu anugrah, sesuatu yg bisa mengangkat martabat diri…

        Saudaraku,
        Karenanya gunakanlah kesempatan itu sebaik mungkin..
        Caranya dengan menggunakan teknik dan strategis kerja yang tepat, yaitu tetap meningkatkan kemampuan diri dan gunakan cara-cara kerja yg effektif dan efisien, jika pelanggan Anda senang dan percaya pada Anda maka itupun tanpa Anda sadari… percaya diri Anda akan meningkat..

        Walaupun saat ini hanya khusus dibidang mekanik mobil taxi bukan berarti kesempatan Anda tdk bisa lebih luas… Luas artinya Anda bisa jadi mudah mendapatkan lapangan kerja, kedua luas juga bisa artinya meningkatkan klas Anda sebagai montir handal bisa jadi bos dengan memiliki usaha sendiri dan anak buah..

        Modal… .? Dengan meningkatnya kepercayaan orang pada Anda dan meningkatnya pendapatan Anda, sedikit demi sedikit Anda bisa membeli peralatan bengkel yang Anda butuhkan… dan karena faktor kepercayaan dan keahlian tentu akan ada orang yg ingin jadi mitra Anda untuk bersama berbisnis…

        Selamat berkarier…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s