Mempersiapkan Pemimpin Masa Depan.


20140205-103720.jpg

Usaha mandiri Anda walau sekecil apapun tetap harus mempunyai rencana untuk mempersiapkan pemimpin masa depan. Orang yang akan membantu, menjalankan, mengembangkan dan meneruskan bisnis Anda. Apa jadinya jika bisnis yang sudah Anda bangun dengan susah payah, berhenti begitu saja ketika Anda sakit, cuti atau pensiun, itu karena Anda tidak berhasil mempersiapkan pemimpin pengganti atau pembantu Anda.

Pemimpin masa depan kami tumbuh dari pengalaman dan pengetahuan operasional, penggunaan logika, dan memiliki komitmen kuat atas budaya perusahaan.
David O’Reilly. Wakil pimpinan dan CEO O’Reilly Automotive.

Cobalah Anda kaji dari sekarang, seberapa besar bisnis Anda kedepan, seberapa besar pegawai yang Anda perlukan, seberapa besar cabang yang Anda akan dirikan…

Hasil kajian itu semua akan menggambarkan kepada Anda bagaimana akan kebutuhan kepemimpinan dalam bisnis mandiri Anda kedepan.

Datangnya Seorang Pemimpin Masa Depan.

Apakah kepemimpinan itu cukup datangnya dari diri Anda sendiri atau dari anak sendiri atau dari keluarga Anda sendiri atau harus dari karyawan … atau mungkin harus dari pemimpin orang luar ?

Seorang pemimpin masa depan haruslah orang yang dapat memperlakukan perusahaan sebagai miliknya sendiri. Mereka bekerja lembur, melakukan apa saja agar dapat memenuhi apa yang sudah dijanjikan ke pelanggan, apakah itu hari minggu, hari libur demi untuk kepentingan pelanggan dan bisnis. Dan tentunya adalah orang yang sejalan dengan Anda dan budaya perusahaan Anda.

Untuk mendapatkan seorang pemimpin masa depan seperti itu, Anda membutuhkan waktu yang lama. Siapkanlah mereka sejak seawal mungkin…

Langkah-Langkah Menumbuhkan Pemimpin Baru.

  • Harus memberi contoh. Sebagai pemilik usaha, Anda harus memberi contoh bawahan bagaimana Anda bekerja, ajak mereka bersama bekerja bukan sekedar menyuruh. Tunjukkan bahwa Anda memperhatikan pekerjaan yang sekecil-kecilnya.
  • Kerja Tim adalah segalanya. Tunjukan keberhasilan bisnis bukan karena seseorang, tapi hasil kerja sama. Keputusan pengembangan bisnis sebaiknya disepakati bersama.
  • Membimbing dan mengevaluasi. Sebagai pemilik usaha bukanlah orang yang pinter dan tahu segala-galanya. Saling menukar kemampuan antara Anda dan pegawai, Anda akan tahu kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sehingga Anda mudah dan selalu siap mengevaluasi dan mengarahkan kemajuan bisnis dan karyawan.
  • Buat orang tetap ingin berkerja dibisnis milik Anda. Hargai kepentingan pribadi dan keluarga mereka, sama seperti Anda mempunyai kepentingan pribadi dan keluarga Anda. Bantu agar mereka memiliki kesempatan waktu diluar jam kerja yang bermutu bersama dengan keluarga mereka.

Perlu dipahami.

Janganlah Anda membuang buang waktu dengan pegawai yang tidak sejalan dengan misi dan visi Anda. Tentu Anda tdk akan memberikan kesempatan jabatan kpd pegawai yang tidak sejalan, walaupun ia seorang pegawai yang produktif.

Jika ada pegawai Anda yang ingin keluar, segeralah Anda setujui, sehingga Anda punya waktu banyak dengan pegawai yang sejalan dengan misi dan visi Anda.

Jika Anda meremehkan kajian Anda sendiri mengenai kepemimpinan masa depan. Karena merasa mampu berjuang sendiri. Berarti Anda enggan dan masa bodoh untuk memajukan bisnis Anda sendiri kedepan. Dari pengalaman saya, tidak menyiapkan pemimpin masa depan dengan baik, anda akan kesulitan menikmati jerih payah Anda sendiri diwaktu masa tua Anda nanti..

Iklan

One response to “Mempersiapkan Pemimpin Masa Depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s