Mau Jadi Pengusaha Tapi Tidak Punya Modal.


20140111-232513.jpg

Modal Dengkul Nih !

Awal Tahun Baru Awal Memulai Bisnis.

Alhamdulillah untuk resolusi tahun ini, banyak pertanyaan dari teman pada awal tahun baru ini tentang bagaimana jika ingin jadi pengusaha namun tidak memiliki modal. Sebetulnya ini bukanlah pertanyaan baru. Seseorang yang belum berpengalaman bisnis dan berniat untuk memulai bisnis, selalu ketiadaan modal (UANG) adalah hal yang paling utama dipermasalahkan.

Nah maka, begitu mereka mempunyai UANG mereka tanpa berpikir panjang mengenai kemampuan diri, tanpa konsultasi pada ahli bisnis, mereka gunakan sebagian besar uangnya untuk memulai bisnisnya. Akibatnya, sebelum usaha menunjukkan tanda-tanda keberhasilan, sebagian dari mereka sudah kehabisan uang, tenaga dan motivasi. Ini adalah fakta, bukan opini.

Kuasai Dahulu Sebelum Anda Memulai Sendiri.

Jika Anda berkeinginan memulai suatu bisnis sendiri, janganlah membuang-buang waktu dengan suatu bisnis yang belum Anda ketahui dan Anda kuasai. Memulai bisnis berdasarkan pengalaman yang dipadukan dengan inovasi kedepan adalah suatu modal dasar untuk suksesnya bisnis Anda.

Banyak sudah contohnya bagaimana para pemula bisnis kandas diawal usaha. Mereka dengan hanya bermodalkan uang, keberanian dan kesempatan, mereka mencoba-coba mencari kesuksesan dalam berbisnis. Namun sayang, sebelum usaha menunjukkan tanda-tanda kesuksesan Anda sudah kehabisan modal, kehilangan kesempatan dan menumpuknya tagihan hutang.

Itulah risikonya memulai suatu bisnis kalau hanya menggunakan cara-cara sendiri dan dengan cara mencoba-coba.

Modal Usaha Adalah Suatu Proses.

Memulai usaha bukanlah sesuatu yang instan, memulai usaha itu mempunyai tahapan, butuh proses. Keberhasilan dan kegagalan setiap tahapan merupakan pembelajaran dalam meningkatkan naluri bisnis Anda.

Demi ambisi dan melupakan tahapan proses, Anda akan mencari jalan pintas. Akibatnya jika bisnis berhasil Anda akan lepas kontrol dan jika terjadi kegagalan, Anda dengan mudah menyalahkan situasi, seperti kurang modal, pasar yang sepi, lokasi yang tidak strategis dll.

Jadi modal usaha yang utama adalah proses, bukan uang semata.

Sebetulnya keinginan dan kemauan keras untuk segera menjadi seorang wirausaha itu adalah modal awal usaha, modal yang akan membantu Anda untuk segera bisa melangkah. Ingatlah tiada keberhasilan tanpa langkah nyata Anda ! Ya ngga ?

Modal berikutnya adalah belajar untuk mendapatkan keahlian dan keterampilan berbisnis. Masih ingatkah waktu kecil, bahwa jika ingin bisa naik sepeda Anda harus belajar dahulu bagaimana cara dan menguasai jalannya sepeda. Jatuh bangun dan luka adalah hal yang harus Anda alami agar mampu menguasai sepeda dengan baik. Untuk berbisnis juga demikian, Anda harus belajar dahulu, cobalah dengan banyak membaca tentang bagaimana berbisnis, ikut kursus kewiraswataan atau mendengarkan kaset-kaset tentang penjualan dan pemasaran.

Pembelajaran ini akan membuat Anda tahu banyak mana proses yang harus dikerjakan, mana yang harus direncanakan dahulu dan mana suatu proses yang harus dihindari. Sehingga Anda bisa mulai lebih fokus untuk terjun andil di dunia bisnis.

Jika Anda pertama kalinya merasa sudah bisa mengayuh sepeda, maka hal berikutnya Anda akan mencari pengalaman bersepeda bersama dengan teman-teman, di mulai dari jalan yang sepi (kecil risiko tabrakannya) sampai ke jalan raya yang begitu ramai dengan risiko tertabrak mobil. Begitu jugalah dengan bisnis, untuk menempa naluri bisnis Anda, Anda butuh pengalaman berbisnis dengan berbagai cara.

Salah satu cara untuk mendapatkan pengalaman berbisnis dengan risiko kecil adalah membantu teman-teman berbisnis, atau bekerja pada pemilik usaha sebagai tenaga pembantu, atau menjadi tenaga penjual atau pemasaran. Itu semua tidak butuh modal uang, malah Anda medapat uang gaji karena Anda membantu mereka berbisnis.

Jika Anda dapat melalui itu semua dengan prestasi kerja yang baik, ulet, disiplin, berdedikasi tinggi terhadap kelancaran bisnis dan bisa dipercaya, maka besar atau kecil bisnis yang sedang Anda kerjakan sebagai entah tenaga pembantu, karyawan, tenaga pemasaran, biasanya akan datanglah investor kepada Anda untuk menawarkan modal atau produk. Maka saatnyalah Anda berpikir untuk tidak menjadi pegawai terus dan memutuskan bagaimana menjalankan bisnis untuk Anda sendiri. Contoh Bob Sadino awal berbisnis.

Coba simak beberapa kriteria atau patokan seperti dibawah ini :

Ada beberapa patokan yang dapat digunakan apakah Anda memang sudah mengetahui dan menguasai suatu bisnis sehingga disebut mempunyai pengalaman yang baik dari suatu bisnis.

  1. Menguasai betul mengenai produk-produk yang akan Anda jual dan tahu bagaimana kwalitas produk-produk yang sejenis yang sudah ada dipasar.
  2. Mampu bagaimana cara-cara memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan dibandingkan pesaing lain baik pada saat pembelian ataupun setelah penjualan produk tersebut.
  3. Mengenal baik siapa-siapa saja dan dimana saja pelanggan-pelanggan yang mencari dan memerlukan produk-produk tersebut.
  4. Tahu persis bagaimana tingkat persaingan dipasar, dan begitu juga tahu tingkat harga-harga yang berlaku dipasaran sehingga Anda tahu pesaing-pesaing yang akan mencegah atau menghalangi pelanggan untuk membeli dari Anda.

Dengan Anda tahu dan menguasai kriteria pengalaman bisnis tersebut diatas. Maka itu semua merupakan modal awal yang Anda miliki untuk suksesnya bisnis yang akan Anda mulai sendiri. Jadi memulai suatu bisnis itu janganlah hanya menggunakan cara-cara sendiri dan dengan cara mencoba-coba. Jika Anda memang belum berpengalaman berbisnis, janganlah membicarakan uang dahulu untuk modal memulai usaha.

Lalu kapan bisa dikatakan bahwa bisnis Anda telah sukses ? Itu mudah saja jawabannya buat saya yang bukan ahli bisnis…

…. Bisnis Anda dikatakan sukses itu.. jika uang Anda sudah berlimpah !

Baca Juga Ini : https://asmatrch.wordpress.com/2013/06/15/mendapatkan-pengalaman-berbisnis-ala-bob-sadino/

Motivasi Sukses.

Ide Usaha.

Modal Usaha.

Iklan

57 responses to “Mau Jadi Pengusaha Tapi Tidak Punya Modal.

  1. Pak bagaimana cara mengembangkan usaha saya .. saya punya usaha bengkel speda motor,usaha saya sudah jalan 2tahun pak .. kok trus sgitu aja..kalah banget sama bengkel besar yang sudah lama mengusai pasar.dan saya bingung sekali mencari modal..jaminan gag punya .nyari insvestor susah sekali..mohon bimbinganya pakk.terimakasih

    • Hai om Gede Agus Saputra.
      Bersaing bukanlah seperti pertandingan dalam bidang olah raga dimana ada yang menang dan ada yang kalah..

      Bersaing dalam bisnis adalah bagaimana agar bisnis Anda dapat bertahan atau berkembang dan jangan sampai bangkrut.

      Bedasar kondisi yang ada ternyata bisnis Anda sebetulnya memiliki kemampuan bertahan dalam persaingan (tidak bangkrut).. Namun belon mampu berkembang lebih maju lagi.

      Pertanyaannya faktor2 apa yg menyebabkan bisnis Anda mampu bertahan..???

      Nah kalau faktor2 ini Anda tidak pahami…lalu pertanyaannya bagaimana Anda mau bergerak maju…?? Padahal faktor2 tsb. adalah kemampuan Anda.. asset Anda.. Modal Anda.

      Saran saya..
      Anda harus tahu kemampuan tsb. Jika sudah tau..coba fokus pada kemampuan tsb. Pelajari bagaimana agar faktor2 tsb… jika masih dapat ditingkat kan maka tingkatkan, jika perlu perbaiki maka segera perbaiki..

      Nah.jika hal ini dilakukan insya Allah bisnis Anda akan lebih maju lagi..

      Masalah modal.. jika bisnis Anda sdh ada perbaikan dan peningkatan, maka modal akan lebih mudah lagi mencarinya..atau malah bisa datang sendiri. Karena mereka percaya dgn. bisnis Anda

      Ingat perubahan menuju lebih baik jika adanya perubahan didalam diri bisnis Anda.. Bukan pada bank.. Bukan pada investor…

      Ok sementara itu dulu..

  2. assalamualaikum pak,aku aksar pengen minta pendapat sama bapa…nii aku uda hampir 3 tahun kerja di tempat kuliner terus aku uda risen dari tempat aku karna pengen buka usaha cafe sendiri,,pendapat bapa gimana apa aku uda bisa dengan ilmu segitu atu gima pak?????

    • Waalaikumsalam wr. Wb.

      Dina,
      Jawabannya bisa sudah atau bisa juga belon. Semua tergantung pengalaman waktu dicafe Dina itu mengerjakan apa saja…

      Sebagai checklist coba dipelajari ya apabetul ilmu nya sdh dapat atau belon..
      1. Mengenai produk.
      Mulai pengadaan bahan baku, dimana sumber2 bhn baku, pemilihan item dan kwalitas, cara2 penyimpanan, bhn2 yg bisa distok dan mana yg hrs fresh, cara2 pengolahan, penyajian, dll.
      2. Apa Anda sdh tahu Pasar atau siapa saja pelanggannya, dan siapa yg menjadi target,apakah Anda sdh mengenal pelanggan2 tsb, apa aja kebutuhan mereka dll.
      3. Pelayanan. Apa Anda sudah tahu cara2 melayani pelanggan yg baik atau Anda sdh tahu sering melayani pelanggan dimana pelanggan puas.
      4. Pembukuan. Bagamana mengontrol keuangan dan menentukan cashfliw yg baik. Laporan keuangan yg dibuat apa saja…
      5. SDM. apa Anda sudah tau dgn kebtuhan sdm agar bisnis berjalan secara efisien…
      6. Apa Anda selama ini cukup menyumbangkan kreatifitas Anda, sehingga cape Anda memiliki kekhususan aehingga menarik dimata pelanggan …
      Dan tentu masih ada lagi ilmu ilmu lainnya…

      Semoga ilmu dan pengalaman Anda mampu mendirikan bisnis cafe yg bisa bersaing dan jadi terkenal…

      Aamiin..

  3. Saya hnya lulusan smp tp saya punya keinginan kuat untuk berbisnis… saya mnta saran bapak… dr mn saya harus memulai bisnis… thanks

    • INI memang pertanyaan yg seeing muncul..

      Anda tammat SMP, ITU bukan halangan, yang penting Anda masih punya keinginan untuk belajar. Belajar Dari teman, buku bacaan, internet, kursus Dan banyak Cara termasuk yg bayar atau gratis..

      Ingin berbisnis ?

      Ya, bagus. Namun untuk ITU tidak cukup INGIN saja, Anda butuh keyakinan..Dan keberanian..

      Menurut saya, solusi terbaik adalah:

      1. Anda harus Pilih Mentor atau pembimBing yang TEPAT.

      2. Pilih Kendaraan atau BISNIS yang TEPAT.

      3. Fokus Tindakan yang TEPAT.

      Ketika Anda MEMILIKI mentor, kendaraan dan tindakan yang TEPAT, maka 12 bulan dari sekarang, Anda akan mengalami TRANSFORMASI kehidupan yang luar biasa… percayalah..!!

      Insya Allah

  4. Assalamu alaikum…
    Pak sya butuh solusi nich saya sbnarnya sopir kampas snack mkn ringan di makssar dan sya punya niat untuk membuka usaha sendiri tapi sya msih bingun saya harus mulai dri mana sdngkan modal sya bisa di bilang gak mencukupi untuk memulai usha.mohon solusinya terimaksih

    • Wa alaikumussalam wr wb.

      Dengan Anda bekerja sebagai zupir kampas, sebetulnya banyak yg anda liat dan anda pelajari..

      Seperti..

      Bagaimana kondisi pasar baik ..

      berupa berbagai macam produk, RAmai atau sepinya kondisi pasar,
      prospek pelanggan yg anda kenal baik atau
      produk mana yg mudah laku, yg murah artinya tdk butuh modal besar, bagaiamana cara pembayaran kas atau tempo.
      Masalah masalah pembayaran..misal kalau kas gimana atau klo tempo gimana dll..

      Dari situ seharusnya Anda melakukan survey dan riset..

      Dari hasil riset dan survey anda.. Coba perhatikan..
      1. Produk mana yg mudah dan benar2 anda kenal baik.
      2. Besarnya modal awal yg dibutuhkan (modal sekeCil muungkin loh).
      3. Cara pembayaran yg mudahnya gimana.
      4. Seberapa besar pasar yg bisa anda layani dgn modal sekeCil mungkin..
      5. Tentu bisa anda jalanin dengan sambilan dulu, sampai anda memiliki modal dan kemampuan untuk mandiri..

      Oke idenya kira2 seperti diatas..
      Selamat survey dan riset.

      Ingat tanpa survey dan riset Anda tdk akan mendapatkan data2 untuk anda bisa mengambil kesimpulan dan keputusan untuk kapan Anda bisa memulai bisnis.

      Semua orang memiliki KEINGINAN untuk berbisnis, tapi yg bisa memulai bisnis hanya jika Anda memiliki KEYAKINAN…

  5. Halo,,
    Saya seorang karyawan disebuah perusahaan di sulawesi,, tetapi saya tidak tenang bekerja karna di pikiran saya selalu ingin membuat usaha sendiri, tapi saya bingung mau mulai dari mana dan jenis usaha apa yg akan saya ambil, mungkin ada masukannya, terima kasih

    • Halo juga nih..
      Yah walauPun kerjanya bagus Posisi bagus.. yg namanya belajar bisnis.. sepertinya penting.. itu pengalaman saya.

      Kerja sambil bisnis.. ini aesuatu yg bagus namun tidak. mudah.. Khususnya masalah waktu..

      Namun itu bukan halangan, tapi tantangan. Sebaiknya Anda tetap bekerja dgn baik. Untuk bisnis ada dua cara pwrtama anda sendiri yg terjun dgn segala keterbatasan khususnya waktu atau cara kedua cari orang yg akan jadi asisten Anda untuk menjalankan bisnis diwaktu anda bekerja dikantor..(jgn ribet ngitung gajinya, anggap ini biaya yg memang harus..

      Lalu bisnis apa dong..
      Teorinya nyarinya IDE BISNIS sederhana saja.. IDENYA TIDAK JAUH DARI ANDA.. Anda tdk perlu jauh2 nyari ide.. Inget2.. Produk apa yg begitu Anda tau betul.. Anda tau siapa saja yG memerlukan produk itu, seberapa sulitkah dari yg termudah..

      Ingat tujuan berbisnis pertama ini.. :
      Untuk mencari pengalaman.
      Bukan mencari untung sebesar besarnya.
      Mengasah naluri bisnis Anda agar tajam.
      Ini bukanlah bisnis untuk aeumur hidup.
      Bisnis ini harus bisa dikelola dgn. Mudah..ngga nyelimet.. Modal sedikit.
      Dst dst. Yg penting prinsipnya ngga ribet..

      Inget idenya ngga usah cari jauh jauh..

      Oke sementara gitu dulu
      Salam sukses..

  6. nm sy nia pak…sy tdk tau dr mn sy hrus memulaix.yg jls saat ini sy butuh kerjaan pak…sy mempunyai sangkutan sekitar 30 juta an pak krn suatu hal.appun sy akan kerjakan yg penting halal pak.bgu yg membaca blok ini sptau ada yg bisa membantu saya.trims sblmx…082188090001

  7. Assalamualaikum. begini pak, saya masih berumur 13 tahun tapi tekad saya ingin menjadi pengusaha sejak muda, tapi masih belum punya modal pak. Gimana dong…?
    Tolong Sarannya 🙂
    Terimakasih
    Wassalam. ^^

    • Hai Dahlian…

      Salut deh kalau emang dah begitu, coba simak catatan saya ini,

      Smakin dini kita memulai bisnis, semakin banyak kesmpatan yg kita mampu raih. Artinya bisnis itu bisa sukses tanpa harus menunggu usia tertentu. Tentu sukses diusia 20 – 30 tahunan lebih menarik dibanding usia 40 – 50n ..ya ngga ?

      Anda ingin memulai berbisnis ? Ingat prinsip berbisnis ini :

      # yang namanya AWAL MULAI berbisnis adalah BUKAN DENGAN mendirikan bisnis sendiri.. tapi adalah DENGAN BELAJAR untuk meningkatkan ketrampilan dan keahlian serta menempa naluri bisnis.

      # Caranya adalah dgn cara BEKERJA ATAU IKUT ORANG LAIN berbisnis (yg punya produk dan bisnis). Selain tidak perlu modal uang tapi malah kita dapat uang dan ilmu..
      Jika suatu saat kita sudah merasa BISA BERBISNIS sendiri, maka cobalah berbisnis kecil2an dengan modal yg telah kita tabung tentunya.
      …Ingat, jika Anda tidak PANDAI MENABUNG (MENGELOLA UANG SENDIRI) berarti Anda belum punya NALURI BISNIS yang baik..

      # ingat ada hukum alam yg berlaku yaitu pebisnis pemula selalu mengalami jatuh bangun. Saran saya gunakan uang Anda seminim mungkin untuk modal, jika bisnis bangkrut karena SALAH mengelolanya.. Anda masih punya uang sedikit untuk bangun kembali…

      # jika bisnis kecil2an Anda sdah lancar dan bisa menghasilkan dan Anda dapat dipercaya, maka biasanya akan ada investor yang akan membantu anda permodalan (banyak investor yg uangnya banyak dan bingung mau berbisnis apa.! )

      # Hadapilah realitas/kenyataan yang ada di hadapan Anda, apapun itu. Entah manis atau entah pahit. Cerah atau suram.

      # Jangan sekali-kali mundur dan melarikan diri dari apa yang harus Anda hadapi.

      # Kemudian lakukan sesuatu dengan cepat dan tegas dengan berdasarkan pada kenyataan itu.

      Jika prinsip berbisnis ini Anda patuhi, biasanya Anda pasti akan menang dan berhasil. Begitulah berbisnis.

      Bisnis lancar kalau ada penjualan…
      Jadi fokuslah pada penjualan…

      Bagaimana .?

      Untuk meningkatkan Sistem Penjualan produk barang/jasa, perlu Strategi Marketing Pemasaran yang Efektif.

      Kemampuan handal dalam memasarkan produk atau jasa bisa jadi lebih penting dari produk itu sendiri.

      Teknik pemasaran boleh dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari penjualan produk.

      Teknik pemasaran yang baik didukung oleh strategi pemasaran yang efektif.

      Dengan strategi tersebut, proses marketing dapat dipertahankan, bahkan cara baru dalam memasarkan produk juga bisa kita temukan dan membuat pelanggan semakin loyal.

      Tentu saja, jangan abaikan faktor kualitas produk yang merupakan poin penting bagi pemasaran itu sendiri…

      Bagaimana meminimal biaya produksi ?

      Selain sumber bahan baku, harus diingat komponen2 lain agar dapat menekan biaya seperti sistem pelayanan, sistem kerja, produktivitas pegawai, lokasi usaha, peralatan yg digunakan dan biaya2 yg langsung atau tidak langsung terhadap produksi..

      Salam.. Sukses…

  8. assallamualakhum .wr wb
    pak asmat .. saya pengen jadi usaha yg sukses tapi saya gk punya modal sm sekali . qhu pun bingung ..sekaranh qhu punya tanggungan prbulan 1,2 juta selama 3 thn. kerja qhu hanya seoarang kuli bangunan .
    tolong pak … saya minta sarannya yg lebih bagus biar jd sukses …soalnya qhu sering di sindirrin tetangga.

    • Waalaikummussallam wr wb.
      Pak Amien yth…

      Mo bisnis ? Nggal punya modal ? Siip … Bagus dan ini adalah hal umum, artinya semua orang akan ngalamin pase ini…
      Yaitu fase dasar… Ingin.. Mo..niat… ngimpi .. cita2 .. Dan sejenisnya..

      Fase kedua LANGKAH NYATA… Yaitu belajar sedikit demi sedikit.. survey.. cari tahu cara2 bisnis, pengamatan, diskusi dll.

      Fase ketiga KERJA NYATA yaitu praktek bisnis… Cari pengalaman Dgn cara bekerja sama dgn orang bisnis .. Jadi pegawai atau pembantu atau asisten.. atau apalah … Dan ini ngga perlu modal.. Anda malah dapat gaji… Asah naluri bisnis Anda.. Makan asam garamnya apa itu bisnis.. Buktikan bahwa Anda bisalah berbisnis.. ngga perlu takut rugi..
      Ibarat belajar sepeda tapi ngga punya sepeda .. Tentu harus pakai sepeda orang… Ngga perlu takut jatuh… rusak ya perbaiki anda buktikan bahwa anda bisa dipercaya dan bertangung jawab.

      Fase keempat .. Pelan2 bangun kepercayaan.. Buktikan bahwa Anda orang yg bisa dipercaya bisa bekerja, kemauan keras, tahan banting , jujur, PANDAI MEMEGANG DAN MEMUTAR UANG .. Mampu negosiasi dgn siapapun.. MAMPU MENJUAL..

      Fase kelima… Karena Anda sudah pengalAman bisnis dan mampu menjalakan bisnis maka Pemilik modal atau Anda sendiri punya tabungan sendiri.. Anda bukan sekedar INGIN bisnis tapi Anda MEMPUNYAI KEYAKINAN..tentu akan tertarik atau mendorong Anda pribadi untuk membuka bisnis sendiri…

      Begitulah fasenya2..berbisnis.

      bertele tele fase nya… lama,?? itu tergantung kita… pinter atau malas berjuang..

      ——-
      Kenapa Pemilik modal tdk ada yg mo memberi modal ke Anda saat ini ?

      Mereka itu bukannya PELIT untuk memberi modal ke Anda, tapi mereka tau bahwa Anda tidak punya pengalaman dan naluri bisnis Anda belum pernah diasah… belum terbukti apakah Anda PANDAI MEMEGANG DAN MEMUTAR UANG SERTA BISA MENJUAL BARANG.. ..
      Yaa itu sebabnya kawan… Pemilik modal jadi takut memberi modal..

    • Tidak punya modal untuk memulai bisnis.
      #modal_bisnis

      Pak saya ingin memulai bisnis baju tapi tidak punya modal, bagaimana ini ?
      Mohon saran..

      Problem tidak punya modal adalah PROBLEM YANG UMUM, semua orang ingin bisnis namun ada saja alasan yg mengganjalnya. Salah satunya modal. Modal memang penting, tak ada bisnis tanpa modal. Namun MODAL UANG BUKANLAH SELALU URUTAN PERTAMA. Banyak orang sukses memulai bisnis DARI MODAL UANG NOL. Dengan berbagai cara dia kumpulkan uang SEDIKIT DEMI SEDIKIT. Caranya ?

      Apakah ini bisnis pertama Anda ?
      ———————————————
      Untuk pertama kali bisnis dengan cara meminjam uang sangatlah berisiko. Sebaiknya carilah pemasok yg bersedia memberi kemudahan cara pembayarannya. Baik itu di bisnis offline ataupun bisnis online.

      Mencari pemasok seperti itu tidaklah sulit, itu jika Anda memenuhi syarat seperti :
      – Anda sudah berpengalaman BEKERJA / MAGANG didunia bisnis yg ingin Anda geluti.
      – Sudah kenal baik dengan pasar Anda.
      – Anda sudah punya relasi yang bisa Anda prospek.
      – Anda dikenal sebagai orang baik, pekerja keras dan tekun,
      – Sebagai orang yg paham dgn produk, proses pengadaan atau produksi.
      – Anda orang yang penuh dengan kreatif serta inovatif.
      – Dan yang tidak kalah pentingnya adalah Anda punya keyakinan (bukan keinginan) serta keberanian untuk memulai dan siap berjuang berdarah-darah.

      Dan tentu dengan bekerja, keuntungan lainnya adalah anda bisa berhemat sedikit uang untuk disimpan untuk persiapan modal usaha. Kemampuan mengelola dan menyimpan uang juga adalah salah satu syarat dalam bisnis.

      Jika hampir semua syarat itu memang tidak bisa Anda penuhi, itu artinya memang Anda BELUM LAYAK masuk kedunia bisnis dengan membangun bisnis sendiri. TERLEPAS apakah Anda PUNYA MODAL ataupun TIDAK PUNYA MODAL.

      Sebaiknya CARILAH PENGALAMAN DAHULU dengan bekerja didunia bisnis untuk menempa dan menguji jiwa bisnis dan wiraswasta Anda.

  9. Dear.
    Salam Sejahtra.
    Saya punya lahan dikampung saya menado.cukup luas kurg lbh,3 hektar,didlmnya ada sumber mata air cocok utk usaha peternakan.kendala sy skrg tdk mempunyai modal..mana tau ada yang mau membntu saya..thx.
    email.marlondapangemanan@gmail.com.
    No Hp.081364916624
    Salam kasih.
    Marlonda.P

    • Bisnis lancar kalau ada penjualan…
      Jadi fokuslah pada penjualan…

      Jadi…?

      Meningkatkan Sistem Penjualan produk barang dan jasa, perlu Strategi Marketing Pemasaran yang Efektif.

      Kemampuan handal dalam memasarkan produk atau jasa bisa jadi lebih penting dari produk itu sendiri.

      Teknik pemasaran boleh dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari penjualan produk.

      Teknik pemasaran yang baik didukung oleh strategi pemasaran yang efektif.

      Dengan strategi tersebut, proses marketing dapat dipertahankan, bahkan cara baru dalam memasarkan produk juga bisa kita temukan dan membuat pelanggan semakin loyal.

      Tentu saja, jangan abaikan faktor kualitas produk yang merupakan poin penting bagi pemasaran itu sendiri…

      Salam..

  10. Saya juga ingin jadi pngusaha,saya juga sudah membaca keluhan dr taman2 kurang lebih sama dngan op yang saya fikirkan,semoga suatu saat saya dapat ide usaha yang bisa saya lakukan,saya hanya seorang kariawan pabrik,

    • Investasikan waktu Anda dari sekarang untuk merubah mental karyawan menjadi mental pengusaha..

      Asah terus ketrampilan dan pengetahuan Anda tentang bisnis…

      Insya Allah suatu saat begitu ada ide.. Anda sudah siap dan mantap….

    • Keyakinan apa ?
      Sebaiknya cari pengalaman dahulu..
      Jadi sales dari suatu perusahaan punya Dua keuntungan… dpt gaji, ilmu dan pengalaman… Nanti setelah itu baru mikir lagi deh mau bisnis apa..?

  11. minta pendapat dan saran donk….
    saya PNS di kementerian, istri kerja di swasta. saya pengen punya usaha yang tidak bentrok dengan waktu kerja saya. Saya ingin usaha dengan melakukan sendiri karena jika mengandalkan/bayar orang kadang mereka suka ngakalin karena tdk d awasi (sdh byk pnglmn soalx). untuk modal saya bisa mengajukan pinjaman d kantor bisa sampai 200 juta. apa y kira2 usaha yang cocok dgn saya.
    Terima Kasih atas tanggapannya.

    • Waalaikumslm..

      Mas Adi..
      Anda masih sulit menemukan ide bisnis unggul untuk Anda sendiri ?
      Sebetulnya tidak sedikit usaha yg bisa cocok, namun kadang kita sulit untuk menentukan mana ide yg paling uggul buat diri sendiri.

      Mungkin saya bisa bantu Anda sedikit dengan beberapa tip agar Anda bisa segera menentukan sendiri bisnis untuk Anda yg paling cocok (unggul) dari ide-ide bisnis yg Anda temukan..

      1. Ide-ide bisnis yg Anda temukan harus Anda pilih sesuai dengan visi Anda kedepan.. Segera tulis visi Anda kedepan itu apa saja untuk sekitar 1 – 5 tahunlah..

      2. Ide yang didasarkan pada siapa diri Anda sendiri dengan segala kemampuan baik kelemahan dan kelebihan diri…. Apa kesenangan Anda, apa keahlian Anda, produk2 apa yg begitu Anda kuasai sehingga Anda mudah menjualnya…. khususnya diwaktu Anda berbisnis.. terutama diluar jam kerja tentunya..

      3. Ide yg sesuai dgn kemampuan modal… Ini penting, berapa besar modal yg Anda miliki sehingga Anda tidak perlu kesulitan kesana kemari mencari modal tambahan untuk segera bisa mulai bisnis pertama Anda.. Jika bisnis sudah lancar, bolehlah untuk mencari modal tambahan…

      4. Ide yg didasari hasil riset pasar… Lakukan riset pasar agar anda tahu siapa-siapa calon pelanggan Anda yg terdekat dan seberapa banyak, apa masalah mereka, apa kebtuhan mereka, apa keinginan mereka, apa yg bisa Anda bantu untuk mereka, sehingga dari hasil riset itu Anda bisa milih mana bisnis yg begitu prospek dan bisa jadi ide bisnis Anda..

      5. Ide bisnis tidak harus sesuatu yg baru, yg penting Anda menguasai dan Anda bisa buat bisnis itu menjadi lebih baik sesuai kreativitas dan inovasi Anda. Misal jual baso.. Itu bukan sesuatu ide bisnis yang baru, namun dgn kreativitas dan inovasi Anda maka ide bisnis baso Anda mampu menjadi lebih baik, lebih menarik, sesuatu yg agak aneh .. Sesuatu yg membuat orang mau mencoba.. dst ..dst

      Ingat… Misalnya Anda tidak tahu sesuatu yg biasa (misal baso biasa) lalu bagaimana Anda bisa membuat yg biasa itu (baso biasa) menjadi sesuatu yg luar biasa.. (menjadi baso yg luar biasa). Kreativitas dan inovasi butuh hal biasa agar menjadi luar biasa… Nah ini butuh waktu dan proses dan tentu wawasan Anda.

      Insya Allah, dari langkah-langkah diatas Anda TENTU bisa mengambil kesimpulan ide-ide bisnis apa yg akan cocok untuk segera Anda tentukan dan segera dibangun..

      Tanpa pendalaman hal-hal tersebut diatas, maka kita akan KESULITAN memilih dan memiliki ide bisnis unggul dan yang cocok untuk diri sendiri..

      Jika masih perlu info lagi, tanyakan saja …
      Oke… Sementara itu dulu..

  12. jika penghasilan seseorang hanya 1 jt perbulan sedangkan
    di lingkungannya dan di tempat kerjanya hanya di kelilingi oleh orang yang hanya sibuk belajar dan pekerja swasta
    kira-kira bisnis/usaha apa yang sesuai dengan lingkungannya dan penghasilannya ?

    • Hai Gien,

      Melihat situasi lingkungan seperti itu biasa mereka butuh kebutuhan sehari-hari seperti makanan, sembako, cuci pakaian dll.

      Agar Anda dpt memilih ide yg lebih tepat usaha apa dan memang dibutuhkan mereka, sebaiknya Anda melakukan survey atau riset (ngga usah ribet, cukup sambil ngobrol aja dgn mereka), tanya apa keperluan dan kebutuhan mereka sehari-hari yg perlu dibantu…

      Namun perlu diperhatikan… Mereka amat sangat seneng jika Anda bisa melayani pesan antar dan tentunya bisa ngebon dulu alias bayar habis gajian… kalau bisa mungkin ini salah satu kelebihan bisnis Anda.

      Penghasilan, .? .. ya relatiflah tergantung lengkap atau tidak barang2 yg Anda sediakan serta bgm pelayanan serta kerja keras Anda. .. Ya bisa 500ribuan bisa 1jutaan bisa juga diatas 1jtaanlah… Tergantung jenis barang dan jumlah penjualannya.. dan tidak otomatis Anda akan dpt penghasilan, ada proses .. Salah satunya mereka harus kenal Anda dulu… Harus kenal bisnis Anda dulu, harus ada kepercayaan dari mereka…

      Karenanya sekali lagi karena setiap lingkungan beda kebutuhannya, maka bisnis apa yg tepat buat Anda, adalah jika Anda survey atau riset apakah saja kebutuhan mereka dan siapa saja pesaing Anda…

      Bukalah salah satu pintu-pintu yang tertutup itu, kalau sulit cari pintu yg sudah terbuka untuk Anda bisa keluar… Jika tdk ketemu.. Minimal Anda harus bertanya atau minta tolong..

    • Dalam bidang apapun pendidikan itu penting, temasuk dalam bisnis. Namun tingkat pendidikan bukanlah ukuran untuk berhasil atau tidaknya dalam bisnis…

      keberanian adalah salah satu faktor yang amat dibutuhkan dalam memulai dan memajukan bisnis.

      Memanfaatkan atau berpartner dengan tenaga cerdas adalah salah satu strategi jitu dalam mengembangkan bisnis…

    • Hai Lucia,

      Problem Anda hampir sama dimiliki leh para pemula bisnis. Yg perlu dipahami adalah bahwa bisnis pertama Anda (awal) bukanlah bisnis untuk selama-lamanya.

      Jika saat ini modal msh kurang jngan dipaksakan bisnis tsb (hrs pinjam uang), anda blum berprngalamn bisns, maksudnya pilihlah bisnis yg sesuai kemampuan, sambil berjalan kembangkanlah bisnis tersebut…. Jika pengalaman bisnis sdh terasah dan teruji dan relasi cukup banyak, barulah cari mdal untuk bisa menjlankan bsnis yg sesuai kinginan Anda..

      Ingat bisnis awal bukanlah bisnis untuk seumur hidup, carilah dulu bisnis yg sesuai dgn kondisi Anda.. Dgn tujuan ntuk menempa naluri bisnis Anda dahulu.

  13. Saya ingin sekali menjadi pembisnis muda. Tpi saya tidak mempunyai modal untuk bisnis. Apakah yg harus saya lakukan untuk berbisnis tanpa mempunyai modal. Agar saya menjadi pembisnis atau pengusaha muda. Dari kecil cita2 saya ingin menjadi orang berhasil.. Dri kecil saya mencari uang.. Tanpa bantuan orang tua ! Tpi apa yg harus saya lakukan agar saya bisa mencapai cita2 saya sewaktu kecil itu..

    • Salam jumpa buat Joe Febrian,

      Cita2 menjadi orang berhasil adalah motivasi pendorong bagi Anda, mencari uang adalah salah satu action dalam rangka mencapai tujuan. Mungkin pengalaman Anda watu kecil hampir sama dengan saya yaitu sejak kecil sdh terlibat dalam mencari uang.

      Namun cita2 dan pengalaman itu belum ada apa2nya untuk bisa menggapai keberhasilan dalam hidup, faktanya adalah saya sampai sekarang harus LEBIH BANYAK LAGI BELAJAR untuk bisa menjadi orang sukses.

      Saya bukan tipe orang yg kurang bersukur, saya hanya berpikir apa yg sdh saya capai ini masih perlu terus DIPERJUANGKAN untuk menjadi lebih baik.

      Jadi untuk bisa mencapai orang sukses itu tidak lepas dari BELAJAR dan BERJUANG…

      Belajar Apa ? tergantung Anda mau sukses dibidang apa ..

      Berjuang itu apa ? Itu adalah bukan suatu mimpi tapi adalah langkah nyata, kerja keras… Dst..

  14. saya baru tamat sekolah tetapi sejak smp kls 1 sayasudah mulai bekerja,saya sudah mulai bosan untuk menjadi pekerja terus-menerus .saya selalu berfikir untuk lebih maju tetapi selalu adanya perasaan untuk mundur.saya selalu membandingkan penghasilan bos saya yang mencapai 20 -25 juta /buan,sedangkan saya hanya 1,5 juta./bulan.tolong berikan ide dan pendapat kreatif anda dan berikan saya askan atau sugesti yang bermanfaat.trimah kasih

    • Salam sukses buat Irfan Sitohang,

      Berhasil dalam menyelesaikan sekolah adalah salah satu prestasi bagi Anda. Kenapa ? Banyak orang yg sulit menyelesaikan sekolah jika sudah kenal uang (bekerja) sebelum lulus.

      Seorang bos bisa berpenghasilan puluhan juta bukanlah hanya karena bekerja saja. Ia BELAJAR TERUS tetang sesuatu agar dirinya BERNILAI LEBIH (memiliki Added Value). Sebelum orang menilainya, dia harus membuktikan dengan BEKEJA SUNGGUH2 bahwa ia memang bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih.

      Begitulah Anda jika ingin MAJU dengan BERNILAI LEBIH.
      Anda harus BANYAK BELAJAR sesuatu yang bernilai lebih dan BEKERJA KERAS dengan hasil yang benilai lebih.

      Belajar apa ? Belajarlah sesuatu apa saja sesuai bidang yg Anda ingin sukses, yang membuat anda menjadi unik, menjadi ahlinya, menjadi lebih dari orang lain… Bukan belajar sesuatu yg membuat nilai Anda sama dengan orang kebanyakan..

  15. pak asamat, itu semua benar, kadang” orang hanya melihat hasil tanpa melihat proses, keuntungan ataupun profit adalah danpak dari sebuah proses, peluang bisnis itu bisa ada di mana saja , jika kita ingin menjadi pelaku bisnis itu. dan pengalaman kita ( proses ) yang kita jalani akan membawa kita ke kunci kesuksesan. bisa karna biasa, tidak ada yang tidak bisa di dunia ini. Proses adalah kunci keberhasilan.

  16. Hello, I desire to subscribe for this blog to obtain most recent updates, thus where can i do it please help. ekkcackcabfd

  17. kalo jualan mie ayam tp yg jaga nya orang lain..itu ide bagus ga..cz kalo jaga nya saya..saya masih sibuk sekolah.

    • Sekolah itu penting. Berbisnis itu jgn sampai mengganggu sekolah.

      Aturlah waktu Anda dengan baik, carilah orang yg bisa dipercaya dan mampu menjalankan bisnis Anda. Buat semuanya tercatat sehingga mudah Anda mengontrolnya. baik itu catatan finansial, catatan cara kerja maupun perjanjian kerja.

      Walaupun sekolah, Anda pasti dapat menyediakan waktu sedikit untuk bisnis Anda, mungkin seminggu sekali untuk beberapa jam. Tujuannya untuk langsung kelapangan melihat jalannya bisnis apakah lancar atau tidak bisnis Anda dan sesuai tidak dgn laporan yg dibuat. Jika tidak sesuai, mungkin bukan masalah kepercayaan, tapi mungkin saja Anda dan patner bisnis Anda untuk perlu belajar terus bgmana berbisnis agar lebih baik dan menguntungkan.

      Suatu saat, jika Anda sdh mampu menghitung dan mengontrol jalannya satu outlet, tdk salahnya Anda belajar untuk menambah outlet lagi.

      Begitulah memang berbisnis… Penuh perjuangan dan pengorbanan, jika ingin sukses..

      Salam..

  18. Sangat menarik jdi pengusaha jiwa aku sama seperti itu namun modal ku gk ada umurpun baru 20 tahun pengen jadi pengusaha sukses soaaal cari krja susah

    • Awal berbisnis bukanlah jadi pengusaha, tapi cari pengalaman..
      Untuk memulainya juallah barang milik orang, tanpa modal, ngga laku anda tdk berisiko.. Buktikan bahwa Anda bisa menjual… Tentu Anda butuh belajar dan waktu…
      Jika pengalaman menjual sudah banyak, tentu Anda mampu untuk jadi pengusaha seperti pengalaman bob sadino

      https://asmatrch.wordpress.com/2013/06/15/mendapatkan-pengalaman-berbisnis-ala-bob-sadino/

      Salam sukses… Untuk sukses butuh kerja keras dan cerdas..

      • salam sukses pak
        begini pak, saya membantu ibu saya menjalankan bisnisnya di bidang makanan, setiap saya sekolah saya berjualan di sekolah. tapi disekolah saya tidak boleh berjualan kecuali koperasi dan kantin, saya di suruh untuk menitpkan jualan saya di tempat tersebut. tapi berhubung saya orangnya keras kepala saya memilih berjualan sendiri dikelas, bagaimana menurut bapak tentang sikap saya ini?? apakah saya salah?? alasan saya tetap memilih berjualan sendiri karena saya ingin mencari pengalaman sekaligus mengembangkan usaha ibu saya, bagaimana menurut anda?? terima kasih 🙂

      • Hai Ariq..

        Saya salut dengan kemauan Anda…
        Saran saya agar Anda tidak mendapat masalah disekolah, sebaiknya ikut aturan saja yg ada. Mengenai keinginan Anda untuk belajar bisnis bisa saja tetap Anda lakukan..

        Caranya..
        Pertama.. Produk Anda sebaiknya ditempatkan dikoperasi atau kantin… Dan tetap Anda monitor perkembangannya dan permasalahannya. Anda hrs juga belajar memasarkan produk2 tsb. ke teman2 agar mereka mau membelinya ke kantin atau koperasi, apakah cara Anda berhasil atau tidak.. Itu adalah pelajaran Anda sebagai pemasar… Sebagai sales

        Kedua… Agar Anda tetap belajar sendiri bgmn berbisnisnya, maka Anda bisa lakukan sendiri setelah jam sekolah.. Entah dipasar atau ditempt2 lain..

        Semoga dengan kedua cara tersebut… Keinginan berbisnis sendiri dan juga membantu orang tua bisa terlaksana tanpa melanggar aturan sekolah..

        Oke selamat berjuang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s