Visi Dan Misi Usaha


20130813-064051.jpg

Apakah Anda Sudah Mempunyai Tujuan Hidup ?

Untuk menyongsong masa depan, seseorang harus mempunyai dan menetapkan apa tujuan hidupnya. Tujuan hidup yang jelas membuat kita dapat fokus dalam menghadapi gelombang kehidupan. Kita dapat terus menentukan arah dengan langkah yang tepat, dan secepatnya memperbaiki sesuatu hal atau segera memutuskan untuk tidak memilih sesuatu hal.

Dengan menetapkan tujuan hidup, kita akan memperoleh motivasi hidup yang lebih untuk mengembangkan apapun yang menjadi target hidup kedepan. Apasih kira-kira tujuan hidup kita pada umumnya ? Dengan membaca salah satu tulisan Robert T. Kiyosaki, dijabarkan dengan sederhana bahwa :

Tujuan hidup manusia pada umumnya adalah ingin
merasa aman, nyaman dan kaya raya.

Sebagai Kendaraan Perlu Bisnis.

Untuk mencapai tujuan hidup kedepan, manusia itu perlu suatu kendaraan, kendaraan dalam bentuk suatu bisnis, usaha mandiri atau bekerja di suatu perusahaan. Seperti halnya perusahaan, dalam mendirikan usaha atau bisnis, maka tujuan dari mendirikan usaha harus diterjemahkan atau dijabarkan kedalam istilah kerennya yaitu Visi dan Misi. Nah agar tidak sulit dan nyelimet dalam menentukan visi dan misi ini, coba kita telaah terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan visi dan misi.

Pengertian Visi Secara Umum.

Visi adalah pernyataan tentang pandangan jauh kedepan mengenai usaha atau bisnis yang akan dimulai, apa saja tujuannya dan apa yang akan dicapai kedepannya nanti. Visi tidak ditulis secara detail, hal ini dikarenakan adanya kemungkinan perubahan ilmu dan situasi yang sulit diprediksi dimasa jauh kedepan.

Dalam membuat pernyataan visi ada beberapa hal yang harus diperhatikan atau dipenuhi yaitu :

  • Harus berorientasi ke depan dan tidak berdasarkan kondisi saat ini.
  • Menggambarkan kreatifitas dan mengandung penghargaan kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Misi Secara Umum.

Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan dalam usaha untuk mewujudkan Visi. Misi usaha adalah cara mencapai tujuan dan alasan mengapa usaha itu ada. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan dalam proses pencapaian tujuan.

Dalam merumuskan Misi hindari ha-hal sbb :

  • Jangan terlalu luas, artinya apa yang akan kita capai seharusnya cukup berkisar antara 2-5 tahun kedepan saja dahulu. Dan jika ingin membuka cabang toko sembako, janganlah sampai seluruh kota di Indonesia. Itu terlalu berambisi.
  • Juga jangan terlalu sempit, artinya apa yang akan dicapai jangan hanya dalam satu tahun saja, itu terlalu pendek, atau kalau misalnya mau membuka toko sembako jangan hanya menjual beras saja, itu terlalu sempit targetnya.

Jadi dalam merumuskan misi sebaiknya wajar-wajar saja namun tetap menggambarkan kemajuan dan keberhasilan usaha yang diharapkan dan tentu disesuaikan dengan kemampuan yang ada dan yang akan ada. Misi ini suatu saat bisa direvisi kembali sesuai perkembangan usaha atau situasi usaha.

Tanpa Visi dan Misi Sulit Mencapai Tujuan.

Setelah mengetahui apa itu visi dan misi. Kita dapat memastikan bahwa tanpa memiliki dan memahaman visi dan misi. Maka apa yang menjadi tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan itu menjadi sesuatu yang sulit untuk direalisasikan.

Usaha atau Bisnis yang akan kita bangun kalau diumpamakan itu adalah suatu kendaraan kecil atau bisa kendaraan besar yang akan kita gunakan untuk kita melakukan suatu perjalanan jauh.

Visi adalah tujuan dari perjalanan yang sudah dipetakan sehingga begitu jelas kemana arahnya ataupun tujuannya.

Sedangkan Misi adalah cara bagaimana untuk pencapaiannya ke tujuan, serta persiapan apa saja yang harus diperlukan, serta berapa lama perjalanan yang harus ditempuh, dan peralatan apa saja yang harus dibawa, sehingga kendaraan yang akan digunakan apakah sesuai untuk besar atau kecilnya muatan yang akan dibawa, dan apakah kendaraan tersebut mampu mencapai kecepatan yang diperlukan, sehingga bisa selamat dan tepat waktu untuk sampai ditujuan.

Visi Dan Misi Harus Mempunyai Daya Dorong.

Visi dan misi yang baik seharusnya mampu mendorong seseorang untuk mewujudkan, artinya

  • Mempunyai daya tarik sehingga tidak ada keinginan untuk tidak berhenti berjuang mewujudkannya.
  • Harus realistis artinya ada kemungkinan untuk dicapai serta mempunyai daya antisipasi terhadap perubahan masa.

Visi dan Misi Juga Merupakan Strategi Usaha.

Misi adalah strategi untuk merealisasikan visi yang telah dibuat. Misi juga menjadi jembatan bagi masyarakat pengguna informasi untuk mengenal karakter dan image usaha. Dengan memiliki misi yang jelas berarti :

  1. Mendekatkan diri dengan tujuan/harapan yang diinginkan.
  2. Memanfaatkan kemampuannya.
  3. Membuat penerangan arah jalan hidupnya.
  4. Menciptakan power sewaktu mengalami kelesuan dan mempertahankan semangat sewaktu di puncak kesuksesan.

Perhatikan Kemampuan Diri dan Kebutuhan Pasar.

Membangun dan menyusun Visi dan Misi usaha sebaiknya memperhatikan dan mempertimbangkan hal-hal di bawah ini:

  1. Apa yang dibutuhkan oleh pasar. Tujuan usaha adalah mencari keuntungan seoptimal mungkin. Oleh karena itu, observasi pasar sangat diperlukan agar ada kesesuaian kebutuhan pasar dengan produk yang ditawarkan.
  2. Segmen pasar seperti apa yang menjadi sasaran. Distribusi produk harus disampaikan secara tepat pada sasaran yang dituju sehingga kesinambungan proses produksi terjaga.
  3. Bagaimana cara memberikan pelayanan yang prima pada pelanggan. Ini hal yang penting dan penjamin keberlangsungan hidup usaha. Sebaik apapun produknya, jika pelayanan yang diberikan kurang memadai, tidak menutup kemungkinan konsumen akan berpindah ke tempat lain.
  4. Menyadari kemampuan yang dimiliki. Semakin mengetahui potensi yang dimiliki akan mempermudah untuk menciptakan produk, melakukan modifikasi, menentukan jurus pemasaran yang tepat, dan sebagainya.

Dengan uraian tersebut diatas, diharapkan kita semua dapat mengartikan seberapa perlu dan pentingnya menetapkan visi dan misi. Tanpa adanya visi dan misi kita tidak dapat fokus, tidak punya arah untuk tujuan, sehingga sulit untuk mencapai cita-cita hidup atau usaha. Maka salah satu syarat untuk memulai usaha diperlukan kesiapan pondasi usaha yang mantap dengan membuat pernyataan dalam bentuk visi dan misi yang kuat.

Artikel Terkait Visi dan Misi Usaha :

Arti Kesuksesan :

Iklan

5 responses to “Visi Dan Misi Usaha

    • Betul gan.. dgn membuat pernyataan tertulis dari misi dan visi …
      Kita bisa mentargetkan suatu saat untuk bisa mengganti kendaraan (bisnis) yg kecil itu ke bisnis yg lebih besar.. secara realistis .. sesuai kemampuan dan kebutuhan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s