Merubah Sikap Mental


20121108-141618.jpg

Peranan Anda Sebagai Pengusaha.

Banyak usaha yang gagal pada awal berdiri semata-mata bukan karena kurang ahli atau sebab utama kehabisan modal. Tapi karena adanya kurang kontrol, karena sebab sikap atau mental yang dimiliki justru menghambat atau menghancurkan usaha yang sedang dirintis. Memulai usaha mandiri, ternyata tidak semudah seperti dalam teori, masalah sulitnya perubahan SIKAP – MENTAL merupakan hambatan utama untuk bisa menjadi pengusaha mandiri. Apalagi seseorang yang sudah ber tahun-tahun bahkan sudah belasan tahun mendapat gaji tetap dan mencicipi nikmat nya fasilitas dari kantor, perubahan itu tentu sulit.

Sikap Mental adalah merupakan sikap manusia yang positif atau negatif yang sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan mental ini ditujukan bukan untuk merubah dari mental jelek ke mental bagus, tapi lebih di fokuskan pada merubah mental dari seorang karyawan untuk menjadi mental seorang usahawan mandiri. Kenapa demikian, coba kita bahas lebih lanjut.

Untuk memasuki dunia usaha, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi . Persyaratan ini untuk membuat kesuksesan usaha cepat terwujud dan perkembangan dunia usaha menjadi lebih bergelora.

Ada dua peran berbeda yang akan Anda pegang ketika mulai menjalankan bisnis. Dimana keduanya membutuhkan keterampilan khusus.

  • Anda adalah orang yang akan bertanggung jawab memberikan produk/barang atau jasa kepada konsumen, baik apakah Anda bekerja seorang diri atau Anda mempunyai karyawan.
  • Anda juga harus bisa menangani atau memenage semua aktivitas yang berkaitan dengan usaha. Seperti masalah permodalan, akuntansi, perpajakan, pemasaran dll.

Kedua keterampilan dan keahlian tersebut harus Anda miliki. Karena begitu pentingnya kedua peranan tersebut, Anda tentunya harus terus meningkatkannya sesuai tuntutan dan perkembangan usaha.

Untuk mengetahui apakah Anda bisa dan mampu mempunyai keterampilan dan keahlian tersebut diatas, coba pelajari beberapa sifat dibawah ini, apakah Anda memiliki atau tidak :

Para Pembelajar

Orang-orang yang pertama yang berhak memasuki dunia penuh rintangan dan tantangan ini adalah para pembelajar. Pembelajar cepat. Bukan pembelajar biasa. Di dunia usaha yang penuh persaingan ini, hanya orang-orang yang setiap detik berusaha untuk selalu belajar dan dengan belajarlah dia yang akan bertahan dari gempuran ombak perubahan.

Orang-orang ini tidak merasa berat untuk mempelajari tentang berbagai ilmu management, ilmu akutansi, perpajakan, hukum-hukum ekonomi nasional dan internasional, ekonomi makro ataupun ekonomi mikro, serta perubahan-perubahan yang bisa mempengaruhi keadaan ekonomi jangka panjang.

Hal-hal negatif pun mereka pelajari. Pelajaran tentang hal-hal negatif ini bukannya ingin melakukan hal negatif tersebut, melainkan mempelajari hal-hal negatif itu untuk mengatisipasi dari pihak luar maupun dari pihak dalam, serta menghindari diri untuk melakukan hal negatif tersebut.

Orang-orang Ulet

Selain pembelajar cepat, orang-orang yang mempunyai tiket ke dunia usaha adalah orang-orang tekun, ulet, mempunyai tekad kuat, dan pantang menyerah. Kegagalan bisa saja mendatangi dunia usaha kapan pun. Pengambilan keputusan yang penuh risiko sudah seperti pekerjaan rutin. Oleh karena itulah, dunia usaha butuh orang-orang seperti ini.

Orang-orang Kreatif dan Inventif

Selanjutnya adalah orang-orang kreatif, inventif, pemberani, dan pembuat peluang. Ekonomi identik dengan hal-hal baru yang bisa tercipta siang dan malam. Bila para penghuni dunia usaha tidak bisa membuat hal-hal baru bagi masyarakat, tergusurlah mereka dari dunia yang menuntut pembaharuan dan penyegaran ini.

Orang-orang Jujur dan Suka Membantu

Orang-orang yang suka membantu, jujur, dan dapat dipercaya, adalah orang-orang yang juga mempunyai tiket ke dunia usaha. Jiwa suka membantu dapat dikatakan sebagai jiwa dari jiwa seseorang yang ingin memasuki dunia usaha. Bukankah bisnis itu untuk mempermudah roda kehidupan orang lain?

Bila usaha bukan untuk membantu orang lain, usaha tersebut tidak akan berkembang dengan baik. Selain itu, kejujuran dan kepercayaan akan membuat pergerakan medan magnet dan jalur peradaban di dunia usaha berputar teratur dan terarah sehingga mampu bertahan selama berabad-abad. Bisa dikatakan bahwa setiap orang yang ada di dunia usaha harus menjadi orang-orang yang suka membantu, jujur, dan dapat dipercaya.

Siapkah mental Anda untuk memiliki atau mengembangkan sifat-sifat diatas ?.

Jika Anda adalah orang yang suka dengan perubahan, maka Anda berhak untuk memasuki dunia usaha. Merubah Sikap – Mental berarti merubah inti siapa dirimu, merubah cara kamu berpikir dan cara kamu memandang dunia.

Merubah mental menjadi mudah, itu jika Anda menyukai perubahan. Merubah mental seringkali merupakan pengalaman yang dapat merubah kehidupan, bukan diri kamu saja yang bisa berubah, tetapi juga teman-teman disekitar kamu.

Perubahan Sikap – Mental adalah perubahan besar, diibaratkan seperti perubahan seekor ulat menjadi seekor kupu-kupu. Waktu Anda menjadi seekor Ulat, Anda akan mengalami kesulitan untuk melakukan hal-hal yang bisa dilakukan oleh seekor kupu-kupu. Ulat menjijikan bagi sebagian orang, Kupu-kupu warnanya indah dan bisa terbang kesana dan kemari sekehendaknya.

Perubahan Mental.

Motivasi Sukses.

Pengalaman Usaha.

Iklan

2 responses to “Merubah Sikap Mental

  1. Pelatihan Pengembangan Sikap Mental
    Drg. T.A. Tatag Utomo, MM., ASM
    Direktur Pendidikan
    KPPSM F.X. Oerip S. Poerwopoespito
    Wisma KPPSM
    Cibubur Indah III Blok F-7 Jaktim 13720
    T: 021-8716968, F: 021-8719981
    HP/WhatsApp: 0818-874430
    Website: http://www.kppsm.com
    Twitter: @tatagkppsm
    e: tatag@kppsm.com
    Facebook: Pengembangan Sikap Mental Positif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s