Inilah Langkah Awal Memulai Usaha.


20130613-061715.jpg

Tertarikkah Untuk Memulai Usaha ?

Ternyata masih banyak orang yang bingung dengan langkah awal untuk bisa memulai usaha. Jangan bingung, bagi pemula itu sesuatu hal yang wajar, mari kita coba bahas langkah-langkah awal memulai bisnis, seperti kapan waktu yang tepat untuk memulai usaha, bagaimana memilih ide usaha dan apakah usaha tersebut berisikokah ?.

Kapan Sebenarnya Waktu Yang Tepat Memulai Bisnis ?

Banyak orang selalu bertanya-tanya, apakah saat ini adalah waktu yang tepat atau tidak, untuk memulai suatu ide bisnis ? Kalau tidak, lalu kapan ?
Karena selalu bertanya-tanya, bukannya malah action, akibatnya mereka tidak pernah bisa untuk memulai bisnisnya.

Faktanya adalah,

benar-benar tidak pernah ada waktu yang begitu buruk untuk bisa memulai sebuah bisnis.

  1. Mengapa orang-orang selalu memulai bisnis dalam masa ekonomi yang kuat ?
    Karena faktanya pada masa ekonomi sedang baik, banyak orang yang memiliki uang dan mereka mencari cara untuk bagaimana menghabiskannya. Memulai bisnis dengan kondisi ini, Anda harus lebih gesit dan agresip. Jika tidak, Anda bisa ditinggal pelanggan Anda.
  2. Tapi untuk sebagian orang pintar, meluncurkan bisnis dalam masa ekonomi yang tidak pasti atau sulit, itu bisa menjadikan suatu pembuka jalan. Kondisi ini cocok untuk Anda yang ingin bekerja tidak terburu-buru. Anda seperti sedang mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Sehingga begitu kondisi ekonomi mulai membaik, bisnis Andalah yang paling siap menerima pelanggan yang sudah banyak duitnya.
  3. Bagi kaum pekerja, sebelum masa pensiun tiba mereka sudah membekali diri dengan berbagai keterampilan, keahlian dan pengalaman berbisnis. Begitu siap menjalankan bisnis sendiri, ia tinggalkan pekerjaannya (pensiun) sebagai pegawai untuk segera mengurus bisnisnya sendiri.
  4. Bagi Anda yang kaum pelajar, memulai bisnis tidak harus menunggu menjadi sarjana. Sekolah itu penting, pendidikan disekolah diperlukan untuk mempelajari ilmu-ilmu bisnis lainnya yang lebih khusus. Di jaman informasi ini banyak pengusaha muda yang menjadi pengusaha terkenal dan terkaya didunia sebelum ia menyelesaikan sekolahnya.

Memulai Bisnis Tidak Harus Dengan Ide Baru.

Untuk memulai suatu usaha, umumnya mereka berpikir kita harus datang dengan sesuatu yang tidak pernah dilakukan orang sebelumnya, yaitu harus berupa penemuan ide baru seperti produk baru dan hebat, tidak mudah ditiru pesaing dll. Jika tidak dengan sesuatu yang baru, mereka takut tidak berhasil, jika sesuatu yang sudah ada mereka takut gagal karena kalah bersaing.

Sebagai pemula, lupakanlah sementara dulu untuk menciptakan sesuatu ide bisnis yang belum pernah ada didunia ini, itu hanya membuang-buang waktu Anda saja.

Kenyataannya orang-orang memulai sebuah bisnis, selalu datang dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti :

  1. “Bagaimana cara meningkatkan usaha ini?” atau
  2. “Bisakah saya melakukan usaha ini lebih baik ?” atau
  3. “Mampukah saya melakukan ini berbeda dari orang lain ?” Atau hanya,
  4. “Apakah ada pangsa pasar yang tidak dilayani, untuk berbisnis dalam kategori ini?” atau
  5. “Bisakah sistemnya saya buat lebih baik lagi ?” atau
  6. “Jika tempat usaha seperti ini dibuat lebih menarik, akankah pengunjung bertambah ?” atau
  7. “Wah kalau usaha seperti ini saya bawa kekampung halaman saya, akan cocokkah ?” atau
  8. “Jika kemasan produk ini dibuat lebih baik dan menarik, apakah pelanggah akan lebih tertarik ?” dst..

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari ide-ide usaha yang Anda dapatkan atau permasalahan usaha yang Anda temui dilapangan. Anda dapat menemukan ide pilihan dan dapat menyesuaikan waktu, produk, tempat, sistem serta komunitas Anda. Anda harus menambahkan kreativitas Anda sendiri untuk menjadi suatu konsep yang menjadi lebih baik.

Ingat kenyataannya, menyesuaikan konsep bukanlah pilihan; itu adalah suatu keharusan jika Anda ingin bisnis Anda untuk menjadi lebih baik dan menjadi sukses.

Bisnis Itu Tidak Berisiko, Yang Berisiko Adalah Anda.

Semua orang akan memberitahu Anda tentang besarnya risiko untuk memulai bisnis Anda sendiri. Dan kata risiko itu bisa saja membuat Anda untuk berpikir panjang untuk bisa memulai ide bisnis Anda. Atau demam dan malah bisa menghentikan niat Anda berbisnis.

Tentu, memulai sebuah bisnis itu berisiko,
itu jika Anda tidak mempersiapkan diri mengenai keahlian dan keterampilan yang diperlukan untuk ide usaha tersebut.

Jika Anda dengan hati-hati mempertimbangkan apa yang Anda lakukan, membuat perencanaan usaha yang baik, perlunya mendapatkan bantuan ketika Anda membutuhkannya, tidak pernah berhenti untuk bertanya-tanya pada ahlinya, dan tentunya Anda harus tekun dan sungguh-sungguh bekerja.

Maka semua kerja keras Anda itu akan dapat mengurangi risiko yang akan timbul dari usaha Anda.

Kemauan untuk menentukan apa yang ingin Anda lakukan adalah hanyalah langkah awal. Anda masih punya banyak pekerjaan rumah yang harus Anda lakukan, banyak penelitian yang menunggu di depan Anda. Usaha saya bisa dikenal banyak pelanggan setelah masa 3 – 4 tahun berjalan, itu karena saya kurang agresip. Ikuti terus pengalaman saya di sulitnih.com – sulitnya memulai usaha.

Ide Usaha :

Barang Atau Jasa :

Iklan

111 responses to “Inilah Langkah Awal Memulai Usaha.

  1. Assalamu’alaikum

    Nama saya arif 23th..
    Aq sudah mulai usaha hampir 3th..tp menurut saya kok tidak ada kemajuan..
    SAlah saya di mana ya pak.. Usaha saja penjual makanan di pinggir jalan(kaki lima)..
    Berterimakasih sekali kalau di kasih saranūüėä

    • Waalaikum salam wr wb.

      Hai Ariif..
      Ada 3 KUNCI ALASAN KENAPA BISNIS KAMU TIDAK ADA KEMAJUAN.

      Ada fakta pahit yg mungkin perlu kamu sadari : lebih dari 70% bisnis baru tidak bisa bertahan lebih dari 5 tahun. Artinya banyak yang gagal ditengah jalan.

      Jadi kenapa bisnis yang kamu jlnkan belum ada kemajuan ?

      Berikut 3 faktor kunci yang menjelaskannya; dan layak kamu cermati.

      # 1 : Bad Products

      Simpel. Pilar paling kunci dari sebuah bisnis sebenarnya adalah produk yang cetar membahana, dan yang tak kalah penting, dibutuhkan oleh pasar.

      Banyak newbie gagal atau tdk maju2 berbisnis karena produknya memang tidak nendang. Atau sering hanya me-too products. Tidak punya keunikan, dan karena itu, sama sekali tidak diminati pelanggan.

      Kalau produknya mau dibuat sendiri, memang butuh kreativitas dan kegigihan untuk belajar menciptakan produk yang wow.

      Tanpa kreativitas dan kegigihan untuk terus menciptakan produk yang keren, jalan bisnis yang kelam akan menjemput di ujung jalanan.

      Nah, Jika produk yang kita jual adalah produk bikinan orang lain ‚Äď dus kita hanya menjadi distributor/reseller, maka kecakapan untuk menemukan supplier yang andal adalah kunci.

      Menemukan supplier yang andal dengan harga kompetitif serta varian produk yang lengkap, adalah salah satu kunci sukses jika kita berbisnis dengan jualan produk orang lain.

      Be resourceful. Gigih mencari dan blusukan. Ini kunci untuk bisa menemukan supplier barang yang pas, dan mampu kamu pasarkan dengan gemilang.

      # 2 : Bad Marketing and Promotion

      Kesalahan para newbie yang berkali-kali saya saksikan adalah ini : dengan semangat menyiapkan produk yang akan dijual, dengan penuh antusiasme membuat toko dan lalu segera gelar lapaknya.

      Setelah 21 hari berlalu, kok ndak ada jualan yang laku. Wajahnya mulai manyun.

      Dan setelah memasuki hari ke 29, produknya belum ada satupun yang ‚Äúmenetas jadi telor‚ÄĚ, wajahnya jadi kian manyun.

      Semangatnya pelan-pelan mulai kandas, ditelan malam panjang penuh kesunyian karena NOL penjualan.

      Kesalahan newbie itu simpel : berasumsi bahwa kalau sudah buka toko, maka pembeli akan datang dengan sendirinya. Datang dari Hongkong ??!!

      Salah satu cara yang mungkin lebih sederhana anda harus membuat promosi agar orang banyak mo datang misalnya papan nama yg jelas, menarik, mudah dibaca dan kalau bisa ada gambar2nya yg merangsang selera.

      Atau cara paling murah untuk membangun audience (prospek) adalah via konten online yang kredibel dan disajikan secara konsisten (contohnya group yang sedang Anda baca ini).

      #3: Pelayanan yg baik dan menarik.

      Pembeli jika belum percaya dgn Anda, mereka akan ragu2 membeli dari anda. Liat contoh pedagang yg lain yg sdh maju, bagaimana pelayanan mereka. Mulai dari ruangan yg baik, kebersihan, keramahan, cara menawarkan, bonus (jangan pelit), garansi jika tdk enak tukar dll.

      Jadi begitulah berbisnis…karena sebetulnya masih banyak lagi sebab2 knp bisnis tidak maju2..

      Doa saya mudah2an bisnis kamu bisa jalan lancar ya. Dan rezekinya melimpah serta barokah. Amin.

      Tanyakan lagi jika tidak puas..

  2. assalamualaikum
    saya mau minta saran dari bapak,maaf sebelumnya jika bahasa saya kurang baik.
    saya sangat ingin sekali berwirausaha,saya belum pengalaman dalam bidang usaha, dan saya masih bingung apa usaha yang akan saya jalankan,dan bagaimana cara memulainya.
    yang mau saya tanyakan,menurut bapak langkah pertama apa yang harus saya lakukan untuk memulai semuanya???
    terimakasih.

    • Waalaikumussalam wr wb..

      Hai Maulid, banyak cara atau langkah untuk memulai suatu bisnis..
      Sebetulnya dgn membaca isi blog ini Anda akan tau harus mulai dari mana..
      Membaca adalah salah satu cara memulai, kemudian pahami dan buatlah sketsa atau point2 yg hrs Anda cari lebih detail..dan itu berarti Anda sdh memulainya…

      Itulah pemikiran dan ide bisnis milik Anda untuk segera memulainya..

      Kalau pikiran dan ide datang dari saya atau orang lain, dijamin Anda akan menolaknya dgn berbagai alasan.

      Ok ya..selamat membaca..

      Semoga paham..

  3. Saya memang kurang berpengalaman dalam berbisnis, tapi saya punya mimpi besar untuk jadi pebisnis yang sukses, sebagai pemula saya mencoba Gabung dengan Bisnis milik ustadz Yusuf Mansur yaitu Paytren, saya fokus di pemasaran Online, tapi kemampuan saya di online masih minim, kualitas Blog Saya yaitu http://www.paytreni.online masih jauh di bawah standar, mungkin perlu belajar lebih tentang SEO, beri saya saran untuk bisa mengembangkan bisnis saya ini, walaupun ini bukan milik sendiri tapi dengan jadi Mitra Paytren Kesuksesan kita yang tentukan, Mungkin ada cara jitu untuk mengembangkan Blog saya ini.

  4. Assalmualailkum pak.
    Saya ingin meminta bantuan saran dari bapak asmat. Terima kasih jika berkenan memberikan saran.

    Saya ardy usia 22 tahun bekerja di tempat usaha pompa air milik kakek sya sendiri.
    Sya sangat ingin sekali mengembangkaan bisnis/usaha milik kakek saya itu. Karena sya melihat smakin hari semakin menurun pendapatannya dan sya sndiri sudah bekerja untuk usahanya hampir 2 tahun sejak saat sya terjun bersama beliau kakek sya. Saya sudah merasa tertarik dengan dunia bisnis/usaha. Dan saya mulai mempelajari bisnis/usaha dari mampir2 di blog tentang bisnis hingga membaca berita tentang bisnis.
    Dan yang terakhir sya sudah punya modal kecil untuk usaha makanan tapi sya bingung cara mulainya karena sya belum pernah usaha/bisnis di bidang makanan. Yang saya mau tanya kan sma bapak sya mandirikan usha baru atau mengembangkan usaha milik kakek yang saya sudah pahami seluk beluknya.??? Lalu tips untuk memulai usaha makan kecil2an.

    • Waalaikum salam..

      Bisnis apapun bisa maju jika Anda tahu dan menguasai dimana customer Anda berada, dan anda tahu keahlian dan pelayanan apa yg mereka butuhkan.. Selebihnya komunikasi dan promosi.. dari Anda..

      …Bisnis tanpa promosi.. Siapa yg tau dan.. Kenal.. bisnis Anda..!!

      Soal bisnis makanan…selain diatas..harus ada sedikit unik tentang makanan Anda yaitu bentuk, rasa dan harga.. Untuk itu Anda butuh survey, demo, coba2, dan proses waktu yg tdk sedikit. Ini butuh modal yg berkelanjutan.. Ingat makanan yg ngga laku atau tidak enak akan dibuang.. Perlu modal baru lagi.. Ngga laku Buang lagi dst.. dst.. Sampai berhasil..

      Jadi Anda lah yg bisa menentukan harus milih bisnis mana yg segera bisa Anda laksanakan dan cepat menghasilkan uang..

      Ok makasih ya..gitu dulu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s