Cara Mendapatkan Pengalaman Berbisnis.


20130614-224439.jpg

Pakailah Sedikit Saja Uangmu Sendiri.

Pakailah sedikit uangmu sendiri untuk memulai usaha kecil-kecilan.
Apa saja, pokoknya modalnya kecil dan itu uang Mu sendiri.
Kamu akan heran melihat kecerdasan Kamu akan cepat bertambah.
Itu jika kamu mempertaruhkan uangmu sendiri.
Jangan gunakan uang teman, uang pembayaran sekolah, atau uang pinjaman.
Cukup pakai sedikit uangmu sendiri untuk memulai usaha kecil-kecilan
dan… Kemudian…. perhatikan… serta belajarlah…
Kamu akan heran bagaimana begitu pesat kemajuan pengalaman Mu dalam berbisnis.

Lakukan lagi.. Lakukan lagi… Pakailah sedikit uangmu sendiri
Untuk memulai usahamu sendiri…
Ingat.. Perhatikan dan belajarlah…
Kamu akan heran melihat kecerdasanmu berbisnis akan bertambah rerus..

Sukses Itu Otomatis.

Berbisnis atau berusaha untuk mencapai kesuksesan itu sebetulnya otomatis,
itu jika Kamu menjalankan rencana atau formula yang bagus dengan strategi yang sederhana dan tentunya Kamu harus bersungguh-sungguh mengikutinya dan dengan tekun mengerjakannya.

Semoga pengalaman berbisnis Anda akan bertambah. Jika Anda dengan hati-hati mempertimbangkan apa yang Anda lakukan, membuat perencanaan usaha yang baik, tidak malu mendapatkan bantuan ketika Anda membutuhkannya, tidak pernah berhenti untuk bertanya-tanya pada ahlinya, dan tentunya Anda harus tekun bekerja. Maka semua kerja keras Anda itu akan dapat mengurangi risiko usaha Anda. Tidak mustahil kesuksesan itu menjadi otomatis milik Anda.

Pengalaman Usaha :

Ide Usaha :

Iklan

14 responses to “Cara Mendapatkan Pengalaman Berbisnis.

  1. Saya mau tanya pak . saya sangat terinspirasi dan mendapat semangat motivasi dari artikel bapak . gini pak saya mau usaha angkringan dan saya mau tanya gmana kiat2nya untuk memulai usaha pak dan gmana menghindari kegagalan dan menambah motivasi semangat dan jujur pak ada rasa malu enggan dan bingung mau memulainya . mohon pencerahannya pak . terimakasih .

    • Modal Bisnis Yang Utama Adalah Proses, Bukan Uang Semata.

      Memulai usaha BUKANLAH sesuatu yang INSTAN, MEMULAI usaha itu mempunyai TAHAPAN dan BUTUH PROSES.

      KEBERHASILAN dan KEGAGALAN setiap tahapan merupakan PEMBELAJARAN dalam meningkatkan NALURI BISNIS Anda.

      UMUMNYA demi AMBISI dan MELUPAKAN tahapan proses, Anda akan MENCARI jalan pintas.

      Akibatnya jika bisnis BERHASIL Anda akan LEPAS KONTROL…

      dan ♒💥💥💥

      Jika terjadi KEGAGALAN, Anda dengan MUDAH menyalahkan SITUASI, seperti kurang modal, pasar yang sepi, lokasi yang tidak strategis dll.

      Ingat, modal bisnis itu BUKAN semata UANG, tapi juga PENGALAMAN dalam dunia bisnis yaitu NALURI BISNIS.. itu butuh PROSES…

      Mungkin ada yg BISA BANTU..
      Apa saja proses yg harus dilalui..?

      🔢🔢🔢🔢🔢
      Coba simak beberapa kriteria atau patokan seperti dibawah ini :

      Ada beberapa patokan yang dapat digunakan apakah Anda memang sudah mengetahui dan menguasai suatu bisnis sehingga disebut mempunyai pengalaman yang baik dari suatu bisnis.

      1. Menguasai betul mengenai produk-produk yang akan Anda jual dan tahu bagaimana kwalitas produk-produk yang sejenis yang sudah ada dipasar.

      2. Mampu bagaimana cara-cara memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan dibandingkan pesaing lain baik pada saat pembelian ataupun setelah penjualan produk tersebut.

      3. Mengenal baik siapa-siapa saja dan dimana saja pelanggan-pelanggan yang mencari dan memerlukan produk-produk tersebut.

      4. Tahu persis bagaimana tingkat persaingan dipasar, dan begitu juga tahu tingkat harga-harga yang berlaku dipasaran sehingga Anda tahu pesaing-pesaing yang akan mencegah atau menghalangi pelanggan untuk membeli dari Anda.

      Dengan Anda tahu dan menguasai kriteria pengalaman bisnis tersebut diatas.

      Maka itu semua merupakan modal awal yang Anda miliki untuk suksesnya bisnis yang akan Anda mulai sendiri.

      Jadi memulai suatu bisnis itu janganlah hanya menggunakan cara-cara sendiri dan dengan cara mencoba-coba.

      Jika Anda memang belum berpengalaman berbisnis, janganlah membicarakan uang dahulu untuk modal memulai usaha.

      Lalu kapan bisa dikatakan bahwa bisnis Anda telah sukses ?

      Itu mudah saja jawabannya buat saya yang bukan ahli bisnis…

      …. Bisnis Anda dikatakan sukses itu.. ..jika uang Anda sudah berlimpah !

      🔛🔛🔛🔛

  2. sudah mencoba usaha kecil – kecilan nih sampai hampir di bohongin saja sama konsumen. mau memulai kembali kok ada rasa takut untuk tidak bisa.Bagaimana solusinya pak?padahal sudah mikir ke hal berbeda dan saya rasa saya masih berpikir dangkal belum meluas

    • Berbisnis sebetulnya siap untuk dibohongin oleh pelanggan atau agen. Namun dgn belajar dri teman atau orang berpengalaman hal tersebut bisa diminimalkan atau dihindari. Walaupun sdh terjadi tentu seharus kita dpt pelajaran untuk kedepannya.. Awal saya berbisnis sdh habis ratusan juta baik karena teman, saudara atau investasi bodong..

      Makanya jika ingin berbisnis sendiri kita hrs sdh pengalaman sebelumnya dgn teman atau tadinya sbg karyawan dari pemilik bisnis..

  3. Saya baru di PHK dan saya bingung,
    Mau kerja apa??
    Usaha apa yg cocok untuk saya??
    Dari mana saya harus memulai??
    mohon petunjuk Gann…

    • menjadi karyawan memang menyenangkan, apalagi jika suasana kantor penuh kekeluargaan. Namun dari pengalaman itu semua tergantung kepribadian kita. Jika Anda suka bergaul, periang, berpikir positip, dimanapun berada Anda akan menikmatinya. Setelah PHK ngga usah bingung, inilah kesempatan Anda untuk menempa naluri bisnis Anda dalam bidang usaha.

      Buat pilihan bisnis yg sesuai kepribadian Anda..
      Kunci Utamanya :

      1. Jika suka diam ditempat adalah membuka toko atau usaha dimana konsumen yang harus mendatangi Anda. Walaupun sistim marketing tetap harus Anda kuasai.

      2. Usaha dimana Anda yg harus aktif mencari konsumen.. Anda harus pandai membuat jaringan, anda harus suka jalan.. dll

      Saya sudah mencoba kedua cara diatas, ternyata membuka toko adalah yg cocok buat saya, saya orangnya takut dan malas kalau harus keliling-keliling cari konsumen dan saya kurang gaul…

  4. saya seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta,
    saya ingin mendapat penghasillan sampingan untuk biaya tambahan kuliah dan kebutuhan saya
    saya ingin menjoba untuk membuat usaha kecil kecilan tapi saya bingung karena tdak punya banyak modal dan waktu luang dikarenakan kesibukan antara kerja dan kuliah
    kira kira usaha yg bagaimana yg cocok buat saya ya pak?
    mungkin bapak bisa memberikan inspirasi dan berbagi pengalaman bapak

    terima kasih

    • Udah kerja n kuliah tapi pengen juga usaha sampingan ? Salut deh..
      Saya rasa kemauan keras Anda ini sdh merupakan modal besar bagi Anda..
      Agar tdk mengganggu kuliah dan kantor.. untuk usaha sampingan harus tdk mengganggu kedua2nya.. Kuncinya adalah
      1. management waktu..
      2. Langkah awal usaha sampingan bukanlah uang, tapi mendptkan ketrampilan dan pengalman jangka panjang sprti mngn pemasaran, keuangan, supervisi dan kerjasama tim, pajak dll . ingat untuk mencapai sesuatu perlu proses (tdk instan).
      3. Modal ? Tiru cara-cara saya jual es mambo atau cara Bob Sadino, banyak orang lain punya produk bagus tapi sulit memasarkannya.
      4. dan yg terakhir Manfaatkan tmn2 kuliah (ribuan mhsiswa ?) sbg anjang pemasaran atau jaringan buat bisnis sampingan Anda (cari produk yg cocok atau sesuai kegiatan dgn kebtuhan mhswa), shg waktu Anda berbisnis cocok dgn waktu kuiah.
      Dan jgn lupa untuk kerjasama dgn teman kuliah lainnya shingga Anda tdk sendirian untuk mengatasi ( atau berbagi ) dlm waktu dan modal.

      Oke smntara itu saja dulu… Pesan saya jgn tinggalkan kuliah…

      Semoga sukses..
      .

      • amiin..
        terimakasih pak atas masukannya saya akan memulai dari kebutuhan teman2 kuliah dan teman2 kerja saya..
        sekali lagi terimakasih pak atas masukannya mudah2an bapak ga bosen untuk berbagi ilmu dengan kita2 semua
        dan semoga ilmunya dibalas oleh Allah SWT..
        amin..

  5. Ping-balik: Mencari Pengalaman Berbisnis Itu Tidak Sulit. | Sulit nih·

  6. Pengalaman saya waktu kecil :

    Ada keramaian dekat rmh, mo jajan ngga punya duit, pergi ketetangga bawa es mambo ntuk ku jual ditmpt keramaian itu.

    Disana dah banyak juga yg jual es mambo, bercampurlah saya dgn mereka, tiba2 ada yg bertanya “Ada es lilin ?” yg lain lagi bingung jwb, aku bilang “Esnya masih seger nih bang !” orang itu datangi saya beli 2 ntuk anaknya.

    Ngga lama lagi ada yang nanya “Es apa nih ?”, pedagang yg lain serempak menjawab”Es mambo bu”, anehnya kok saya yg didatangin ntuk beli es, padahal saya jawabnya cuman “Esnya masih seger nih bu!”.

    Alhamdulillah dgn keuntungan jual es, akhirnya saya bisa jajan dikeramain itu. Ngga pake modal lagi jual esnya, sistimnya setor aja es yg laku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s